Cara Modifikasi Vario 110 Karburator untuk Keperluan Touring

Darius Rangga

Vario 110 karburator adalah salah satu motor bebek yang dapat dipilih untuk menjelajah alam dengan cara touring. Namun, perlu modifikasi agar performa motor menjadi lebih baik dan nyaman ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Berikut adalah beberapa poin utama dalam modifikasi vario 110 karburator untuk keperluan touring:

  1. Mengganti Pelek

Pelek yang digunakan pada vario 110 karburator sebaiknya diganti dengan pelek yang lebih kuat dan tahan lama. Pelek dengan ukuran 17 inci dan lebar 3,5 inci akan membuat motor menjadi stabil dan nyaman digunakan ketika berjalan di jalan yang rusak.

  1. Mengganti Ban

Ban yang digunakan pada motor vario 110 karburator harus diganti dengan ban yang berkualitas tinggi dan memiliki daya cengkeram yang kuat, sehingga aman ketika melewati medan off-road. Ban dengan ukuran 70/80 dan 80/80 akan menambah kesan gagah pada motor vario 110 karburator.

  1. Mengganti Suspensi

Suspensi yang digunakan pada motor vario 110 karburator dapat diganti dengan suspensi yang lebih baik, sehingga motor dapat menyerap guncangan dengan baik. Suspensi dengan jenis tabung yang lebih besar dan lentur, dapat membuat motor vario 110 karburator menjadi lebih nyaman digunakan dalam perjalanan jauh.

  1. Mengganti Knalpot

Knalpot yang digunakan pada vario 110 karburator perlu diganti dengan knalpot aftermarket yang dapat meningkatkan performa mesin dan menambah suara sporty. Knalpot dengan aksesoris seperti db killer atau silencer akan membantu mengurangi suara berisik yang dihasilkan.

  1. Mengganti Per Kopling

Per kopling yang digunakan pada motor vario 110 karburator sebaiknya diganti dengan per kopling yang lebih tahan lama dan memiliki performa yang baik. Per kopling jenis racing dapat menambah kekuatan pada motor dan memudahkan dalam mengendarai kondisi off-road dan menanjak.

  1. Mengganti Busi dan Filter Udara
BACA JUGA  Semua Tentang Kiprok Vario 110 Karbu: Fungsi dan Cara Mengatasi Masalah

Busi dan filter udara yang digunakan pada motor vario 110 karburator dapat diganti dengan jenis yang lebih baik. Busi jenis iridium dapat menambah performa pada mesin motor. Sedangkan filter udara yang digunakan dapat diganti dengan jenis yang high flow, sehingga aliran udara yang masuk ke mesin menjadi lebih lancar.

  1. Mengganti Oli Mesin

Oli mesin yang digunakan pada motor vario 110 karburator perlu diganti dengan oli yang berkualitas baik. Oli dengan viskositas yang tepat dan suhu yang stabil akan membantu mempertahankan performa mesin dan masa pakai komponen mesin menjadi lebih lama.

Dengan melakukan modifikasi pada motor vario 110 karburator, motor menjadi lebih nyaman dan stabil ketika digunakan untuk touring. Selain itu, modifikasi tersebut dapat meningkatkan performa dan mengurangi risiko kerusakan mesin.

FAQ:

  1. Apakah modifikasi pada vario 110 karburator mempengaruhi daya jelajah saat touring?
  2. Secara umum, modifikasi pada vario 110 karburator yang benar-benar dipikirkan dan dilakukan dengan baik dapat meningkatkan performa motor dan membuat touring menjadi lebih nyaman dan aman.

  3. Apakah semua modifikasi perlu dilakukan untuk touring?

  4. Tidak semua modifikasi harus dilakukan pada motor vario 110 karburator untuk keperluan touring, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi motor, serta prioritaskan faktor keselamatan dan kenyamanan.

  5. Berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan modifikasi pada vario 110 karburator untuk keperluan touring?

  6. Biaya modifikasi dapat bervariasi tergantung pada jenis modifikasi yang dilakukan. Pastikan untuk memilih sparepart dan aksesoris yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya konsultasikan kepada mekanik atau bengkel yang terpercaya untuk mengetahui biaya yang t

erdapat.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer