Torsi Mur Roda Belakang Motor Matic: Vario Holic

Dimas Permana

Dalam rangka menservis roda belakang motor matic, termasuk mengganti ban dan rem belakang (tromol), kita perlu membuka swingarm (bagi motor matic yang memiliki swingarm kanan) dan membuka roda untuk mengganti kampas rem tromol. Namun, seringkali mekanik maupun pemilik motor mengalami kesulitan dalam membuka roda belakang. Pemasangan roda dan mur oleh pabrik biasanya sangat kuat, ditambah dengan lem loctite dan karat karena jarang dibuka selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Berikut beberapa cara untuk membuka mur roda belakang:

  1. Tendangan ke bawah dengan kunci sok 24 + pipa: Tendang roda ke bawah, lalu gunakan kunci sok 24 dengan pipa untuk menghentak. Pastikan pipa besinya cukup panjang agar bisa ditekan dengan tangan.

  2. Gunakan balok kayu: Velg ditahan dengan balok kayu agar roda belakang tidak berputar. Perhatikan penempatan balok kayu agar tidak mengenai pentil velg.

  3. Penetrant atau minyak kayu putih: Jika mur sulit dibuka, gunakan penetrant atau minyak kayu putih untuk menghancurkan karat dan lem loctite di drat.

Untuk mengencangkan mur pulley motor matic, berikut besaran torsi yang disarankan:

  • Mur pulley depan CVT motor matic: Sekitar 59 Nm.
  • Mur pulley belakang CVT motor matic: Sekitar 49 Nm .

Semoga informasi ini membantu! 😊

BACA JUGA  Motor Bekas Honda Vario Tahun 2008: Spesifikasi, Harga, dan Tips Membeli

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer