Arus Listrik Vario 125 Old: Panduan Lengkap dari A sampai Z

Made Santika

Pengantar

Honda Vario 125 merupakan salah satu skuter matik yang populer di Indonesia. Keandalannya serta konsumsi bahan bakarnya yang irit menjadi alasan utama mengapa skuter ini banyak diminati. Sebagai sebuah kendaraan roda dua, tentunya Vario 125 mengandalkan sistem kelistrikan untuk menggerakkannya. Lantas, berapa arus listrik Vario 125 old?

Arus Listrik pada Vario 125 Old

Vario 125 old yang diproduksi sebelum tahun 2018 menggunakan sistem kelistrikan dengan arus AC (Alternating Current). Arus listrik pada Vario 125 old adalah 12 volt, sama seperti kebanyakan kendaraan roda dua lainnya.

Komponen Sistem Kelistrikan Vario 125 Old

Sistem kelistrikan pada Vario 125 old terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

  • Aki (baterai)
  • Regulator
  • Spul
  • CDI
  • Kiprok
  • Busi
  • Lampu-lampu
  • Starter
  • Klakson

Fungsi Komponen Sistem Kelistrikan Vario 125 Old

  • Aki: Berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dan sumber arus listrik saat mesin tidak menyala.
  • Regulator: Berfungsi untuk mengatur tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul agar tetap stabil.
  • Spul: Berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang digunakan untuk mengisi aki dan menghidupkan mesin.
  • CDI: Berfungsi untuk mengatur waktu pengapian pada mesin.
  • Kiprok: Berfungsi untuk mengubah arus AC yang dihasilkan oleh spul menjadi arus DC yang digunakan oleh aki.
  • Busi: Berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk menyalakan mesin.
  • Lampu-lampu: Berfungsi untuk menerangi bagian-bagian skuter saat berkendara.
  • Starter: Berfungsi untuk menghidupkan mesin.
  • Klakson: Berfungsi untuk memberikan bunyi peringatan.
BACA JUGA  Pentingnya Tahu, Ini Jumlah Air Radiator Motor Vario 125 yang Ideal

Cara Mengukur Arus Listrik Vario 125 Old

Untuk mengukur arus listrik pada Vario 125 old, Anda membutuhkan alat ukur yang disebut multimeter. Cara mengukurnya adalah sebagai berikut:

  1. Atur multimeter ke skala ampere (A).
  2. Hubungkan kabel merah multimeter ke terminal positif aki.
  3. Hubungkan kabel hitam multimeter ke terminal negatif aki.
  4. Nyalakan mesin dan biarkan idle.
  5. Baca nilai arus listrik yang ditunjukkan pada multimeter.

Problem dan Solusi pada Sistem Kelistrikan Vario 125 Old

Beberapa problem yang mungkin timbul pada sistem kelistrikan Vario 125 old antara lain:

  • Aki soak
  • Regulator rusak
  • Spul terbakar
  • Kiprok rusak
  • Busi mati

Untuk mengatasi problem tersebut, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Aki soak: Ganti aki dengan yang baru.
  • Regulator rusak: Ganti regulator dengan yang baru.
  • Spul terbakar: Periksa kondisi spul dan ganti jika perlu.
  • Kiprok rusak: Ganti kiprok dengan yang baru.
  • Busi mati: Ganti busi dengan yang baru.

Tips Merawat Sistem Kelistrikan Vario 125 Old

Untuk menjaga agar sistem kelistrikan Vario 125 old tetap berfungsi optimal, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

  • Bersihkan terminal aki secara berkala.
  • Periksa kabel-kabel kelistrikan dan pastikan tidak ada yang putus atau terkelupas.
  • Ganti aki secara berkala sesuai dengan umur pakainya.
  • Jangan memodifikasi sistem kelistrikan tanpa konsultasi dengan mekanik ahli.

Kesimpulan

Arus listrik pada Vario 125 old adalah 12 volt dengan sistem AC. Sistem kelistrikan pada skuter ini terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain aki, regulator, spul, CDI, kiprok, busi, lampu-lampu, starter, dan klakson. Untuk mengukur arus listrik pada Vario 125 old, Anda dapat menggunakan multimeter. Beberapa problem yang mungkin timbul pada sistem kelistrikan Vario 125 old dan solusi untuk mengatasinya dibahas dalam artikel ini. Dengan melakukan perawatan yang tepat, sistem kelistrikan Vario 125 old dapat berfungsi optimal dalam waktu yang lama.

BACA JUGA  Bore Up Vario 125 Jadi 130cc: Panduan Lengkap dan Tips Penting

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer