Penyebab Vario 110 Boros Bensin, Cek Komponen Ini!

Dimas Permana

Pemilik motor Honda Vario 110 pasti pernah mengalami masalah boros bensin. Bikin kantong jebol, nih!

Tenang, kamu nggak sendirian. Banyak faktor yang bisa bikin motor Vario 110 boros bensin. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

1. Busi Kotor atau Rusak

Busi yang kotor atau rusak bisa menghambat proses pembakaran di dalam mesin. Akibatnya, motor jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Motor susah dihidupkan
  • Mesin brebet atau tersendat-sendat
  • Keluar asap hitam dari knalpot

2. Karburator atau Injeksi Kotor

Karburator atau injeksi yang kotor bisa menyebabkan campuran udara dan bensin tidak ideal. Ini juga bisa bikin motor boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Motor sulit dihidupkan
  • Tenaga mesin berkurang
  • Mesin tidak stabil saat langsam

3. Filter Udara Tersumbat

Filter udara berfungsi menyaring kotoran sebelum masuk ke mesin. Kalau filter tersumbat, maka asupan udara ke mesin berkurang. Akibatnya, mesin harus bekerja lebih keras dan jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Mesin tarikan berat
  • Asap knalpot berwarna hitam
  • Konsumsi bensin meningkat

4. Ban Kempes atau Aus

Ban yang kempes atau aus bisa meningkatkan gesekan dengan jalan. Ini menyebabkan motor harus mengeluarkan tenaga lebih besar untuk melaju, sehingga jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Motor terasa berat saat dikendarai
  • Ban terlihat kempes atau permukaannya sudah tipis
BACA JUGA  Modifikasi Vario 110 cc: Tips Modifikasi dan Keuntungannya!

5. Rantai Keteng Ketat atau Kendur

Rantai keteng yang terlalu ketat atau kendur bisa mempengaruhi timing pengapian. Ini juga bisa bikin motor boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Mesin terdengar berisik
  • Tarikan motor terasa berat
  • Motor sulit dihidupkan

6. Piston atau Ring Sekher Aus

Piston atau ring seher yang aus bisa menyebabkan kompresi mesin berkurang. Akibatnya, tenaga mesin berkurang dan jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Mesin mengeluarkan asap putih atau biru
  • Oli mesin cepat habis
  • Tenaga mesin berkurang

7. Bearing Roda Aus

Bearing roda yang aus bisa menyebabkan gesekan yang berlebih. Ini bikin motor harus mengeluarkan tenaga lebih besar untuk melaju, sehingga jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Suara gemuruh dari roda
  • Roda terasa berat saat diputar
  • Motor terasa bergetar saat melaju

8. CVT Rusak

CVT (Continuously Variable Transmission) berfungsi meneruskan tenaga mesin ke roda belakang. Kalau CVT rusak, bisa menyebabkan tenaga mesin tidak tersalurkan dengan baik. Akibatnya, motor jadi boros bensin.

Ciri-ciri:

  • Motor terasa slip saat digas
  • Tarikan motor berat
  • Suara CVT kasar

Cara Mengatasi Vario 110 Boros Bensin

Kalau sudah tahu penyebabnya, sekarang saatnya mengatasi masalah boros bensin pada Vario 110. Ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Ganti busi baru: Busi yang kotor atau rusak harus segera diganti.
  • Bersihkan karburator atau injeksi: Bersihkan karburator atau injeksi secara rutin agar tidak tersumbat kotoran.
  • Ganti filter udara: Ganti filter udara setiap 8.000-12.000 km atau lebih sering jika kondisi jalan banyak debu.
  • Cek tekanan ban: Pastikan tekanan ban selalu sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk meminimalisir gesekan dengan jalan.
  • Setel rantai keteng: Periksa dan setel rantai keteng secara berkala agar tidak terlalu ketat atau kendur.
  • Overhaul mesin: Jika piston atau ring seher aus, maka perlu dilakukan overhaul mesin untuk mengembalikan kompresi mesin.
  • Ganti bearing roda: Jika bearing roda aus, maka harus diganti dengan yang baru untuk mengurangi gesekan.
  • Servis CVT: Servis CVT secara berkala untuk memastikan komponen-komponennya bekerja dengan baik.
BACA JUGA  Vario 110 Terbaru 2021: Skuter yang Mengesankan Anda!

Tips Menghemat Bensin Vario 110

Selain mengatasi penyebab boros bensin, kamu juga bisa menerapkan tips berikut untuk menghemat bensin pada Vario 110:

  • Gunakan bahan bakar berkualitas: Bahan bakar yang berkualitas baik akan membuat mesin bekerja lebih optimal dan hemat bensin.
  • Gunakan oli mesin yang tepat: Oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor akan menjaga kinerja mesin dan menghemat bensin.
  • Jangan membawa beban berlebihan: Membawa beban berlebihan akan menambah beban pada mesin dan membuatnya bekerja lebih keras, sehingga jadi boros bensin.
  • Hindari akselerasi dan deselerasi mendadak: Akselerasi dan deselerasi mendadak akan membuat konsumsi bensin meningkat.
  • Servis motor secara rutin: Servis motor secara rutin akan memastikan semua komponen motor bekerja dengan baik dan menghemat bensin.

Dengan mengatasi penyebab dan menerapkan tips menghemat bensin, kamu bisa membuat motor Vario 110 jadi lebih irit dan hemat di kantong!

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer