Takaran Oli Shock Depan Vario 150: Panduan Lengkap untuk Performa Optimal

Made Santika

Pendahuluan:
Sepeda motor Honda Vario 150 merupakan salah satu skuter matik yang populer di Indonesia. Salah satu komponen penting dalam Vario 150 adalah shock depan atau suspensi depan, yang berperan dalam meredam getaran dan guncangan saat berkendara. Agar shock depan berfungsi optimal, salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah mengganti oli shock secara berkala.

Pentingnya Mengganti Oli Shock Depan
Oli shock depan berfungsi untuk melumasi komponen-komponen dalam shock, seperti tabung, pegas, dan seal. Seiring waktu, oli shock akan berkurang jumlahnya dan kehilangan kemampuan lubrikasinya, sehingga menyebabkan shock depan menjadi keras dan tidak berfungsi dengan baik. Mengganti oli shock secara berkala sangat penting untuk menjaga performa optimal shock depan dan kenyamanan saat berkendara.

Takaran Oli Shock Depan Vario 150
Sebelum mengganti oli shock depan, sangat penting untuk mengetahui takaran yang tepat. Takaran oli yang kurang atau lebih akan berdampak pada performa shock depan. Berikut ini adalah takaran oli shock depan Vario 150 sesuai dengan rekomendasi pabrikan:

  • Shock Depan Kiri: 130 ml
  • Shock Depan Kanan: 130 ml

Cara Mengganti Oli Shock Depan Vario 150
Mengganti oli shock depan Vario 150 tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan sendiri dengan peralatan sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan Alat dan Bahan:
    • Oli shock depan baru (sesuai takaran di atas)
    • Kunci 10 mm
    • Kunci 12 mm
    • Wadah untuk menampung oli lama
    • Kain lap
  2. Posisikan Motor dengan Benar:
    • Parkir motor di tempat yang rata dan stabil.
    • Lepaskan jok motor dan copot behel belakang.
  3. Buka Mur Batang Penyangga Shock:
    • Gunakan kunci 10 mm untuk membuka mur batang penyangga shock pada bagian bawah shock.
    • Setelah mur longgar, lepaskan batang penyangga shock.
  4. Tarik Shock ke Atas:
    • Tarik shock ke atas secara perlahan dan hati-hati.
  5. Keluarkan Oli Lama:
    • Letakkan wadah untuk menampung oli lama di bawah shock.
    • Balikkan shock dan biarkan oli lama keluar melalui lubang bagian bawah.
  6. Pasang Kembali Shock:
    • Setelah oli lama keluar, pasang kembali shock ke posisi semula.
    • Pasang batang penyangga shock dan kencangkan murnya menggunakan kunci 10 mm.
  7. Isi Oli Baru:
    • Gunakan syringe atau corong kecil untuk mengisi oli shock yang baru melalui lubang bagian atas shock.
    • Isi oli sesuai dengan takaran yang telah ditentukan (130 ml per shock).
  8. Pasang Kembali Jok dan Behel:
    • Pasang kembali jok motor dan behel belakang.
BACA JUGA  Penyebab Motor Vario 150 Tidak Bisa Hidup

Frekuensi Penggantian Oli Shock Depan
Frekuensi penggantian oli shock depan Vario 150 tergantung pada kondisi penggunaan dan jenis oli yang digunakan. Sebagai rekomendasi umum, oli shock depan perlu diganti setiap 10.000 – 15.000 kilometer atau 1 tahun penggunaan, mana yang lebih dulu tercapai.

Tips Merawat Shock Depan Vario 150
Selain mengganti oli secara berkala, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat shock depan Vario 150 agar tetap berfungsi optimal:

  • Hindari membawa beban berat pada motor.
  • Hindari melewati jalanan berbatu atau berlubang dengan kecepatan tinggi.
  • Bersihkan seal shock depan secara teratur untuk mencegah kebocoran oli.
  • Periksa kondisi shock depan secara berkala, terutama jika motor sering digunakan dalam kondisi jalanan yang buruk.

Kesimpulan:
Mengganti oli shock depan Vario 150 secara berkala dan dengan takaran yang tepat sangat penting untuk menjaga performa optimal shock depan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat melakukan penggantian oli shock depan sendiri dengan mudah dan memastikan shock depan Vario 150 Anda bekerja dengan baik.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer