Adu Mekanik: Bedah Tuntas Perbedaan As Shock Depan Vario dan Beat, Mana yang Lebih Tangguh?

Made Santika

Otomania – As shock depan merupakan salah satu komponen krusial pada sepeda motor, khususnya pada skuter matik seperti Honda Vario dan Beat. Komponen ini berfungsi sebagai penopang dan peredam getaran pada roda depan. Meski serupa dalam fungsi, namun kedua skuter matik tersebut memiliki perbedaan pada bagian as shock depannya. Berikut ulasan lengkap mengenai perbedaan as shock depan Vario dan Beat:

1. Material

Perbedaan utama antara as shock depan Vario dan Beat terletak pada material yang digunakan. As shock depan Vario umumnya terbuat dari baja atau paduan besi lainnya yang memiliki kekuatan tinggi. Material ini memberikan daya tahan yang baik terhadap beban dan tekanan yang diterima roda depan.

Sementara itu, as shock depan Beat biasanya terbuat dari aluminium alloy atau aluminium campuran. Aluminium memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan baja, sehingga dapat mengurangi beban keseluruhan sepeda motor. Namun, aluminium memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan baja, sehingga mungkin kurang tahan terhadap beban berat.

2. Diameter

Diameter as shock depan Vario dan Beat juga berbeda. As shock depan Vario umumnya memiliki diameter yang lebih besar dibandingkan Beat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan kemampuan menahan beban pada roda depan Vario yang berukuran lebih besar.

Sedangkan as shock depan Beat memiliki diameter yang lebih kecil, sesuai dengan ukuran roda depannya yang lebih kecil. Diameter yang lebih kecil dapat membantu mengurangi hambatan angin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

3. Panjang

Panjang as shock depan Vario dan Beat juga berbeda. As shock depan Vario biasanya lebih panjang dibandingkan Beat. Alasannya adalah karena Vario memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, sehingga membutuhkan as shock yang lebih panjang untuk menopang beban roda depan.

BACA JUGA  Tipe Motor Vario: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Sementara itu, as shock depan Beat memiliki panjang yang lebih pendek karena jarak sumbu rodanya yang lebih pendek. Panjang yang lebih pendek dapat memudahkan penanganan dan manuver pada Beat.

4. Jarak Main

Jarak main as shock depan Vario dan Beat adalah besaran yang menentukan seberapa mudah as shock bergerak. As shock depan Vario umumnya memiliki jarak main yang lebih besar dibandingkan Beat. Hal ini karena Vario dirancang untuk menghadapi medan jalan yang lebih beragam dan membutuhkan kemampuan peredam getaran yang lebih baik.

Sebaliknya, as shock depan Beat memiliki jarak main yang lebih kecil. Tujuannya adalah untuk memberikan pengendalian yang lebih presisi dan responsif, terutama saat bermanuver di jalanan yang sempit atau saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

5. Sistem Peredam

Selain perbedaan pada bagian as shock, sistem peredam yang digunakan pada Vario dan Beat juga berbeda. Vario biasanya menggunakan sistem peredam teleskopik, di mana as shock berfungsi sebagai tabung yang menopang garpu depan. Sistem ini memberikan stabilitas dan kemampuan redam getaran yang lebih baik.

Sementara itu, Beat umumnya menggunakan sistem peredam non-teleskopik, di mana as shock dipasang pada lengan ayun dan tidak berfungsi sebagai tabung. Sistem ini lebih ringkas dan ringan, namun kemampuan redam getarannya mungkin tidak sebaik sistem teleskopik.

Mana yang Lebih Tangguh?

Jika dibandingkan dalam hal kekuatan dan daya tahan, as shock depan Vario lebih unggul dari Beat. Material baja atau paduan besi yang digunakan pada Vario memberikan kekuatan yang lebih tinggi untuk menahan beban dan tekanan. Selain itu, diameter yang lebih besar dan jarak main yang lebih luas juga meningkatkan stabilitas dan kemampuan meredam getaran.

BACA JUGA  Sekring 25 Ampere Vario Sering Putus? Ini Penyebab dan Solusinya

Namun, jika dilihat dari segi bobot dan efisiensi, as shock depan Beat lebih unggul. Aluminium alloy yang digunakan lebih ringan, sehingga dapat mengurangi beban keseluruhan sepeda motor. Selain itu, diameter yang lebih kecil dan jarak main yang lebih kecil dapat mengurangi hambatan angin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Pada akhirnya, pilihan antara as shock depan Vario dan Beat bergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Jika mencari kekuatan dan daya tahan, Vario adalah pilihan yang tepat. Namun, jika mencari bobot yang ringan dan efisiensi yang tinggi, Beat adalah pilihan yang lebih sesuai.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer