Head Vario 125 vs 150: Perbandingan Detail yang Wajib Diketahui!

Rudi Soebiantoro

Pendahuluan

Bagi para pecinta skuter matik, tentu tak asing lagi dengan Honda Vario. Skuter ini dikenal dengan desainnya yang sporty dan performa mesinnya yang mumpuni. Ada dua varian Vario yang populer di pasaran Indonesia, yaitu Vario 125 dan Vario 150. Meski memiliki beberapa kesamaan, ternyata kedua varian ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada bagian kepala atau head mesin.

Artikel ini akan menyajikan perbandingan mendalam antara head Vario 125 dan Vario 150. Dari dimensi hingga material dan fitur, semua akan dibahas secara tuntas untuk memberikan informasi yang komprehensif bagi pembaca.

Dimensi

Perbedaan paling mendasar antara head Vario 125 dan Vario 150 terletak pada dimensi. Head Vario 125 memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Vario 150. Hal ini dikarenakan perbedaan kapasitas mesin yang diusung kedua skuter tersebut.

  • Vario 125: Panjang: 315 mm, Lebar: 235 mm, Tinggi: 245 mm
  • Vario 150: Panjang: 320 mm, Lebar: 250 mm, Tinggi: 250 mm

Material

Selain dimensi, material yang digunakan pada head Vario 125 dan Vario 150 juga berbeda. Vario 125 menggunakan material aluminium, sedangkan Vario 150 menggunakan kombinasi aluminium dan baja.

Penggunaan baja pada Vario 150 bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan stabilitas head mesin. Hal ini sesuai dengan kapasitas mesin yang lebih besar pada Vario 150, sehingga head mesin harus mampu menahan tekanan kompresi yang lebih tinggi.

Jumlah Katup

Perbedaan berikutnya terletak pada jumlah katup. Vario 125 menggunakan konfigurasi 2 katup (2 valves), yaitu satu katup masuk dan satu katup buang. Sementara itu, Vario 150 menggunakan konfigurasi 4 katup (4 valves), dengan dua katup masuk dan dua katup buang.

BACA JUGA  Biaya Pajak Motor Honda Vario 125 Tahun 2013

Penggunaan 4 katup pada Vario 150 memungkinkan aliran udara dan bahan bakar yang lebih optimal ke dalam ruang bakar. Hal ini berdampak pada peningkatan efisiensi pembakaran dan tenaga mesin yang lebih besar.

Ukuran Katup

Selain jumlah, ukuran katup pada Vario 125 dan Vario 150 juga berbeda. Katup pada Vario 125 memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan katup pada Vario 150. Hal ini sejalan dengan perbedaan kapasitas mesin yang diusung kedua skuter tersebut.

  • Vario 125: Katup masuk: 22 mm, Katup buang: 19 mm
  • Vario 150: Katup masuk: 24 mm, Katup buang: 21 mm

Sudut Klep

Sudut klep, yang menentukan sudut kemiringan katup terhadap sumbu silinder, juga membedakan head Vario 125 dan Vario 150. Vario 125 memiliki sudut klep sebesar 26 derajat, sementara Vario 150 memiliki sudut klep sebesar 28 derajat.

Sudut klep yang lebih besar pada Vario 150 memungkinkan waktu tumpang tindih katup yang lebih lama. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi pengisian dan pembuangan gas ke dalam dan keluar ruang bakar, sehingga berdampak positif pada performa mesin.

Busi

Jenis dan ukuran busi yang digunakan pada Vario 125 dan Vario 150 juga berbeda. Vario 125 menggunakan busi NGK CR8EH-9, sedangkan Vario 150 menggunakan busi NGK CR9EH-9.

Perbedaan ukuran busi ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing mesin. Busi pada Vario 150 memiliki diameter elektroda yang lebih besar, sehingga dapat menghasilkan percikan api yang lebih kuat untuk memenuhi kebutuhan mesin yang lebih bertenaga.

Sistem Injeksi

Sistem injeksi yang digunakan pada Vario 125 dan Vario 150 juga berbeda. Vario 125 menggunakan sistem injeksi PGM-FI (Programmed Fuel Injection), sedangkan Vario 150 menggunakan sistem injeksi eSP (enhanced Smart Power).

BACA JUGA  Keunggulan Bohlam Lampu Vario 125: Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Sistem eSP pada Vario 150 lebih canggih dengan adanya fitur Idle Stop System (ISS) yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat berhenti dalam waktu tertentu. Fitur ini membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Kesimpulan

Perbedaan head Vario 125 dan Vario 150 cukup signifikan, baik dari segi dimensi, material, maupun fitur. Perbedaan-perbedaan ini sesuai dengan karakteristik masing-masing mesin dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda.

Bagi yang menginginkan skuter matik dengan performa yang lebih baik, Vario 150 dengan head mesin 4 katup dan sistem injeksi eSP dapat menjadi pilihan yang tepat. Sementara bagi yang lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar dan harga yang lebih terjangkau, Vario 125 dengan head mesin 2 katup dan sistem injeksi PGM-FI dapat menjadi alternatif yang menarik.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer