Penyebab Motor Vario 110 Mati Mendadak dan Tak Bisa Hidup Lagi

Dimas Permana

Bagi pengguna sepeda motor Honda Vario 110, mengalami masalah mesin yang tidak mau hidup tentu menjadi momok yang menyebalkan. Terlebih saat sedang terburu-buru atau berada di tempat yang jauh dari bengkel.

Jangan panik, berikut beberapa penyebab umum motor Vario 110 tidak bisa hidup yang bisa Anda ketahui dan coba periksa sendiri sebelum membawanya ke bengkel:

1. Aki Lemah atau Soak

Aki merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik pada kendaraan bermotor. Tanpa aki yang sehat, motor tidak akan bisa dihidupkan karena tidak ada sumber tenaga untuk menghidupkan komponen kelistrikan seperti busi dan lampu.

Gejala aki lemah atau soak biasanya ditandai dengan suara starter yang lemah atau bahkan tidak berbunyi sama sekali. Lampu indikator juga redup atau tidak menyala.

Cara Mengatasinya:

  • Gunakan kick starter jika memungkinkan.
  • Isi ulang aki menggunakan charger aki selama beberapa jam.
  • Jika aki sudah terlalu soak, perlu diganti dengan yang baru.

2. Busi Rusak atau Kotor

Busi merupakan komponen yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar. Jika busi rusak atau kotor, percikan api tidak akan dihasilkan dengan baik sehingga mesin tidak bisa hidup.

Gejala busi rusak atau kotor biasanya ditandai dengan suara mesin yang brebet atau susah hidup saat mesin dingin.

BACA JUGA  CVT Vario 110 Karbu: Panduan Lengkap untuk Pemula dan Profesional

Cara Mengatasinya:

  • Bersihkan busi menggunakan sikat kawat.
  • Periksa kondisi elektroda busi, jika sudah aus atau terdapat kerak yang tebal sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Karburator Tersumbat

Karburator merupakan komponen yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar. Jika karburator tersumbat oleh kotoran, campuran udara dan bahan bakar tidak akan tepat sehingga mesin sulit hidup atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Gejala karburator tersumbat biasanya ditandai dengan suara mesin yang tidak mau hidup, brebet, dan mengeluarkan asap hitam yang pekat.

Cara Mengatasinya:

  • Bersihkan karburator menggunakan cairan pembersih karburator.
  • Periksa kondisi spuyer karburator, jika sudah aus atau rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Injektor Bensin Tersumbat

Pada motor Vario 110 generasi terbaru, sistem karburator sudah diganti dengan sistem injeksi bahan bakar. Injektor merupakan komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Jika injektor tersumbat oleh kotoran, bahan bakar tidak akan bisa disemprotkan dengan baik sehingga mesin sulit hidup atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Gejala injektor bensin tersumbat biasanya ditandai dengan suara mesin yang brebet, susah hidup, dan tarikan gas yang terasa berat.

Cara Mengatasinya:

  • Bersihkan injektor bensin menggunakan cairan pembersih injektor.
  • Jika injektor sudah terlalu kotor atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

5. Kerusakan pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan rangkaian komponen yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api pada busi. Jika ada kerusakan pada salah satu komponen sistem pengapian, percikan api tidak akan dihasilkan dengan baik sehingga mesin tidak bisa hidup.

Komponen sistem pengapian yang perlu diperiksa meliputi:

  • Coil pengapian
  • CDI
  • Pulser
  • Kapasitor pengapian
  • Kabel busi
BACA JUGA  Velg Vario Techno 110: Berbagai Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasinya:

  • Periksa kondisi komponen sistem pengapian satu per satu.
  • Jika ditemukan kerusakan pada salah satu komponen, sebaiknya ganti dengan yang baru.

6. Kerusakan pada Komponen Starter

Sistem starter merupakan rangkaian komponen yang berfungsi untuk memutar mesin saat kunci kontak diputar. Jika ada kerusakan pada salah satu komponen sistem starter, mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Komponen sistem starter yang perlu diperiksa meliputi:

  • Dinamo starter
  • Bendik starter
  • Relay starter
  • Kabel starter

Cara Mengatasinya:

  • Periksa kondisi komponen sistem starter satu per satu.
  • Jika ditemukan kerusakan pada salah satu komponen, sebaiknya ganti dengan yang baru.

7. Kerusakan pada ECU

ECU (Electronic Control Unit) merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol seluruh sistem elektronik pada motor. Jika ECU rusak, sistem kelistrikan motor tidak akan bekerja dengan baik sehingga mesin tidak bisa hidup.

Gejala kerusakan ECU biasanya ditandai dengan lampu indikator yang menyala secara tidak normal, mesin brebet, dan susah hidup.

Cara Mengatasinya:

  • Bawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan ECU.
  • ECU tidak dapat diperbaiki sendiri dan biasanya harus diganti dengan yang baru.

Selain penyebab di atas, ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan motor Vario 110 tidak bisa hidup, antara lain:

  • Kerusakan pada sistem bahan bakar (tangki bahan bakar bocor, pompa bahan bakar rusak, filter bahan bakar tersumbat)
  • Kerusakan pada sistem pelumasan (oli mesin habis, saringan oli tersumbat)
  • Kerusakan pada sistem pendingin (radiator bocor, thermostat rusak)
  • Mesin yang terkunci atau macet (biasanya disebabkan oleh piston yang lecet atau ring piston yang aus)

Jika Anda sudah mencoba memeriksa dan mengatasi sendiri penyebab motor Vario 110 tidak bisa hidup tetapi masih belum berhasil, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari mekanik berpengalaman.

BACA JUGA  Ukuran Panjang Selang Rem Depan Vario 110

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer