Ketahui Penyebab Vario 110 Fi Tak Bisa Distarter, Jangan Panik!

Rudi Soebiantoro

Jakarta – Vario 110 Fi merupakan salah satu skuter matik (skutik) yang cukup populer di Indonesia. Skutik ini dikenal irit bahan bakar dan memiliki performa yang cukup baik. Namun, layaknya kendaraan bermotor lainnya, Vario 110 Fi juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa distarter.

Jika Vario 110 Fi Anda tiba-tiba tidak bisa distarter, tentu sangat menjengkelkan. Apalagi jika terjadi saat Anda sedang terburu-buru. Jangan panik, berikut berbagai penyebab Vario 110 Fi tidak bisa distarter dan cara mengatasinya:

1. Aki Lemah atau Soak

Aki merupakan komponen vital pada Vario 110 Fi yang berfungsi sebagai sumber listrik. Jika aki lemah atau soak, tentu akan membuat sistem kelistrikan, termasuk starter, tidak berfungsi.

Ciri-ciri Aki Lemah:

  • Klakson berbunyi lemah
  • Lampu redup atau tidak menyala
  • Starter berbunyi "tek-tek" saat ditekan

Cara Mengatasi:

  • Cek kondisi aki menggunakan voltmeter. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, segera ganti aki baru.
  • Jika aki masih bagus, coba cas aki menggunakan charger aki.

2. Busi Rusak atau Kotor

Busi merupakan komponen yang berfungsi untuk memercikkan bunga api pada ruang bakar. Jika busi rusak atau kotor, tentu akan membuat mesin tidak bisa menyala.

BACA JUGA  Harga Honda Vario 110 Terbaru 2021: Fitur Baru dan Spesifikasi Yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri Busi Rusak:

  • Elektroda busi aus atau terbakar
  • Busi dipenuhi kerak karbon
  • Mesin susah dihidupkan atau mati-matian

Cara Mengatasi:

  • Lepas busi dan periksa kondisinya. Jika elektroda aus atau terbakar, ganti busi baru.
  • Bersihkan busi dari kerak karbon menggunakan sikat kawat atau pembersih busi.

3. Koil Pengapian Rusak

Koil pengapian berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk memercikkan bunga api pada busi. Jika koil pengapian rusak, tentu akan membuat mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri Koil Pengapian Rusak:

  • Mesin tidak bisa distarter atau mati-matian
  • Ada percikan api yang lemah atau tidak ada sama sekali pada kabel busi
  • Suara koil pengapian berdengung atau terputus-putus

Cara Mengatasi:

  • Lepas koil pengapian dan periksa kondisinya. Jika terlihat ada bagian yang terbakar atau hangus, ganti koil pengapian baru.
  • Ukur resistansi koil pengapian menggunakan ohmmeter. Jika resistansi tidak sesuai spesifikasi, ganti koil pengapian baru.

4. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol waktu pengapian. Jika CDI rusak, tentu akan membuat mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri CDI Rusak:

  • Mesin tidak bisa distarter atau mati-matian
  • Suara mesin "mbrebet" atau tidak stabil
  • Lampu indikator injeksi berkedip-kedip

Cara Mengatasi:

  • Lepas CDI dan periksa kondisinya. Jika terlihat ada bagian yang terbakar atau hangus, ganti CDI baru.
  • Ukur resistansi CDI menggunakan ohmmeter. Jika resistansi tidak sesuai spesifikasi, ganti CDI baru.

5. Relay Starter Rusak

Relay starter berfungsi sebagai sakelar yang menghubungkan aki dengan motor starter. Jika relay starter rusak, tentu akan membuat motor starter tidak bisa bekerja.

Ciri-ciri Relay Starter Rusak:

  • Suara "klik" saat tombol starter ditekan, tetapi motor starter tidak berputar
  • Motor starter berputar lemah atau tidak berputar sama sekali
BACA JUGA  Panduan Lengkap: Memasang Skotlet Motor Vario Full Body dan Mengubah Tampilan Sepeda Motor Anda! 🏍️🔥

Cara Mengatasi:

  • Lepas relay starter dan periksa kondisinya. Jika terlihat ada bagian yang terbakar atau hangus, ganti relay starter baru.
  • Ukur resistansi relay starter menggunakan ohmmeter. Jika resistansi tidak sesuai spesifikasi, ganti relay starter baru.

6. Motor Starter Rusak

Motor starter berfungsi untuk memutar mesin saat distarter. Jika motor starter rusak, tentu akan membuat mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri Motor Starter Rusak:

  • Tidak ada suara sama sekali saat tombol starter ditekan
  • Suara motor starter berdengung atau terputus-putus

Cara Mengatasi:

  • Lepas motor starter dan periksa kondisinya. Jika terlihat ada bagian yang terbakar atau hangus, ganti motor starter baru.
  • Ukur resistansi motor starter menggunakan ohmmeter. Jika resistansi tidak sesuai spesifikasi, ganti motor starter baru.

7. Kabel atau Soket Rusak

Kabel atau soket yang rusak dapat menyebabkan putusnya arus listrik pada komponen kelistrikan Vario 110 Fi, termasuk sistem starter.

Ciri-ciri Kabel atau Soket Rusak:

  • Kabel putus atau terkelupas
  • Soket kendor atau berkarat

Cara Mengatasi:

  • Periksa semua kabel dan soket yang terkait dengan sistem starter. Jika ada kabel yang putus, sambung kembali menggunakan solder atau conector.
  • Bersihkan soket yang kendor atau berkarat menggunakan cairan pembersih kontak.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi Vario 110 Fi Anda masih tidak bisa distarter, disarankan untuk membawanya ke bengkel resmi Honda untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer