Bagi kamu pecinta motor Honda, pasti sudah tidak asing lagi dengan Vario 110. Skuter matik ini sangat populer karena irit bahan bakar, lincah, dan mudah dikendarai. Salah satu komponen penting pada Vario 110 yang membuat performanya prima adalah noken as otomatis.
Apa Itu Noken As dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Noken as adalah komponen mesin yang berfungsi mengatur waktu buka tutup katup masuk dan buang. Komponen ini berbentuk batang silinder yang memiliki tonjolan-tonjolan yang disebut nok (cams). Saat mesin bekerja, noken as berputar dan nok-nok ini menekan pengikut katup (valve lifter) untuk membuka dan menutup katup.
Noken as pada Vario 110 memiliki sistem otomatis yang disebut Automatic Timing Chain Tensioner (ATCT). Sistem ini berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai keteng secara otomatis, sehingga tidak perlu dilakukan penyetelan manual.
Fungsi Otomatis Noken As Vario 110
Sistem otomatis pada noken as Vario 110 memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:
- Menjaga Ketegangan Rantai Keteng Otomatis
Sistem ATCT pada noken as Vario 110 menjaga ketegangan rantai keteng tetap optimal. Rantai keteng menghubungkan noken as dengan poros engkol (crankshaft) dan berfungsi untuk memutar noken as. Ketegangan rantai keteng yang tepat sangat penting untuk memastikan waktu buka tutup katup yang tepat.
- Mengurangi Suara Bising Mesin
Rantai keteng yang kendur dapat menimbulkan suara bising pada mesin. Sistem ATCT pada Vario 110 secara otomatis menjaga ketegangan rantai keteng tetap optimal, sehingga meminimalkan suara bising yang dihasilkan oleh rantai keteng.
- Meningkatkan Performa Mesin
Waktu buka tutup katup yang tepat sangat penting untuk performa mesin yang optimal. Sistem otomatis pada noken as Vario 110 memastikan waktu buka tutup katup yang tepat, sehingga menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
- Mengurangi Getaran Mesin
Rantai keteng yang kendur dapat menyebabkan getaran mesin. Sistem ATCT pada Vario 110 menjaga ketegangan rantai keteng tetap optimal, sehingga mengurangi getaran mesin dan membuat pengendaraan lebih nyaman.
Cara Kerja Sistem ATCT pada Noken As Vario 110
Sistem ATCT pada noken as Vario 110 bekerja dengan cara sebagai berikut:
- Piston Hidraulik
Terdapat piston hidraulik pada sistem ATCT yang terhubung ke rantai keteng. Saat mesin bekerja, tekanan oli mesin masuk ke piston hidraulik dan mendorong tensioner (pemberi ketegangan).
- Tensioner
Tensioner mendorong sepatu penekan (shoe), yang menekan rantai keteng dan menjaga ketegangannya.
- Pegas
Pegas pada sistem ATCT memberikan gaya yang berlawanan dengan tekanan oli, sehingga tensioner selalu memberikan ketegangan pada rantai keteng meski tekanan oli mesin berubah.
Saat tekanan oli mesin meningkat, piston hidraulik akan bergerak dan mendorong tensioner lebih kuat untuk meningkatkan ketegangan rantai keteng. Sebaliknya, saat tekanan oli mesin menurun, pegas akan mendorong tensioner mundur untuk mengurangi ketegangan rantai keteng.
Dengan demikian, sistem ATCT pada noken as Vario 110 secara otomatis menyesuaikan ketegangan rantai keteng sesuai dengan kondisi mesin, memastikan performa mesin yang optimal.
Cara Merawat Noken As Otomatis Vario 110
Untuk menjaga kinerja noken as otomatis pada Vario 110 tetap prima, penting untuk melakukan perawatan rutin, seperti:
- Ganti Oli Mesin Secara Teratur
Oli mesin yang bersih dan berkualitas baik akan menjaga sistem ATCT bekerja dengan optimal. Pastikan untuk mengganti oli mesin sesuai dengan interval yang disarankan oleh pabrikan.
- Cek Rantai Keteng secara Berkala
Cek kondisi rantai keteng secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kekenduran. Rantai keteng yang rusak atau kendur dapat merusak komponen mesin lainnya yang lebih mahal.
- Bersihkan Komponen Noken As
Bersihkan komponen noken as, termasuk nok, pengikut katup, dan sistem ATCT secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan kerak. Pembersihan ini akan membantu menjaga performa noken as tetap optimal.
Dengan perawatan yang tepat, noken as otomatis pada Vario 110 akan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, sehingga performa motor tetap prima dan berkendara pun semakin nyaman dan menyenangkan.