Bagi pemilik sepeda motor Vario 110, merawat komponen suspensi menjadi hal yang penting untuk menjaga kenyamanan dan stabilitas berkendara. Salah satu perawatan yang rutin dilakukan adalah mengisi oli shock depan.
Oli shock depan berfungsi sebagai peredam getaran dan guncangan saat motor melewati jalan yang tidak rata. Oli yang berkualitas dan terisi dengan jumlah yang tepat akan membuat shock depan bekerja secara optimal, sehingga pengendara merasa lebih nyaman dan aman saat berkendara.
Berikut adalah panduan lengkap cara mengisi oli shock depan Vario 110:
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
- Oli shock depan sesuai spesifikasi pabrikan
- Kunci L hex 12 mm
- Obeng minus
- Sil karet shock depan
- Kain lap bersih
Langkah-langkah Mengisi Oli Shock Depan Vario 110:
1. Persiapan
- Pastikan motor dalam keadaan dingin dan tidak baru saja digunakan.
- Siapkan oli shock depan sesuai spesifikasi pabrikan. Biasanya, Vario 110 membutuhkan oli dengan kekentalan 10W-30 sekitar 50-60 ml untuk tiap tabung shock depan.
- Siapkan alat dan bahan lainnya.
2. Melepas Shock Depan
- Longgarkan baut as roda depan menggunakan kunci L hex 12 mm.
- Angkat motor menggunakan standar tengah atau dongkrak.
- Lepaskan roda depan.
- Buka baut atas dan bawah shock depan menggunakan kunci L hex 12 mm.
- Tarik shock depan keluar dari tabung segitiga secara perlahan.
3. Mengganti Sil Karet Shock Depan
- Keluarkan seal oli dan sil karet dari shock depan.
- Oleskan sedikit oli shock pada seal oli dan sil karet baru.
- Pasang seal oli dan sil karet baru pada shock depan.
4. Mengisi Oli Shock Depan
- Posisikan shock depan secara vertikal.
- Tuangkan oli shock depan ke dalam tabung shock depan melalui lubang atas.
- Isi oli sebanyak yang ditentukan oleh spesifikasi pabrikan, biasanya sekitar 50-60 ml.
- Gunakan obeng minus untuk mencongkel sedikit tabung shock depan agar udara yang terperangkap dapat keluar.
- Tambahkan oli jika diperlukan.
5. Merakit Shock Depan
- Pasang kembali shock depan ke tabung segitiga.
- Kencangkan baut atas dan bawah shock depan.
- Pasang kembali roda depan.
- Kencangkan baut as roda depan.
6. Pengujian dan Penyetelan
- Guncang-guncang shock depan beberapa kali untuk memastikan oli terdistribusi secara merata.
- Jika terdapat kebocoran oli, periksa kembali seal oli dan sil karet yang baru dipasang.
- Atur preload shock depan sesuai kebutuhan dengan memutar ring preload pada atas shock depan.
- Pastikan preload diatur dengan benar agar shock depan bekerja secara optimal.
Tips Tambahan:
- Gunakan oli shock depan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan untuk memastikan performa optimal.
- Isi oli shock depan dengan jumlah yang tepat untuk menghindari kebocoran atau pengurangan kinerja.
- Ganti seal oli dan sil karet secara berkala untuk mencegah kebocoran oli.
- Atur preload shock depan sesuai dengan berat pengendara dan kondisi jalan yang biasa dilalui.
- Jika mengalami kesulitan dalam mengisi oli shock depan, disarankan untuk membawanya ke bengkel berpengalaman.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengisi oli shock depan Vario 110 dengan benar dan mudah. Shock depan yang terisi oli dengan baik akan membuat berkendara lebih nyaman dan aman.