Rem Belakang Vario 150 Loyo? Begini Cara Mengatasinya!

Rendra

Jakarta – Masalah rem yang kurang pakem kerap dialami oleh para pengguna Honda Vario 150. Khususnya pada rem belakang, yang terkadang terasa kurang greget saat digunakan untuk mengerem mendadak.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rem belakang Vario 150 tidak pakem, antara lain:

1. Kampas Rem Aus

Seiring penggunaan, kampas rem akan mengalami keausan. Jika kampas rem sudah terlalu tipis, maka daya cengkramnya akan berkurang. Akibatnya, rem akan terasa kurang pakem.

2. Cakram Rem Bengkok

Cakram rem yang bengkok dapat menyebabkan kampas rem tidak menempel sempurna pada permukaan cakram. Hal ini akan membuat daya cengkram berkurang dan rem terasa kurang pakem.

3. Master Rem Bermasalah

Master rem berfungsi untuk menyalurkan tekanan minyak rem dari tuas rem ke kaliper rem. Jika master rem bermasalah, misalnya terdapat kebocoran atau kerusakan pada piston, maka tekanan minyak rem yang dihasilkan akan berkurang. Akibatnya, daya cengkram rem juga akan berkurang.

4. Selang Rem Kendor atau Bocor

Selang rem berfungsi untuk mengalirkan minyak rem dari master rem ke kaliper rem. Jika selang rem kendor atau bocor, maka tekanan minyak rem akan berkurang. Hal ini akan membuat daya cengkram rem berkurang.

BACA JUGA  Harga Vario 150 2019: Spesifikasi, Fitur, dan Alasan Mengapa Anda Harus Membelinya

5. Caliper Rem Kotor atau Berkarat

Caliper rem berfungsi untuk menjepit kampas rem ke cakram rem. Jika caliper rem kotor atau berkarat, maka gerakan piston caliper akan terhambat. Akibatnya, daya cengkram rem akan berkurang.

Cara Mengatasi Rem Belakang Vario 150 Tidak Pakem

Jika rem belakang Vario 150 Anda tidak pakem, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Periksa Kampas Rem

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi kampas rem. Jika kampas rem sudah terlalu tipis, maka harus segera diganti.

2. Periksa Cakram Rem

Periksa juga kondisi cakram rem. Jika cakram rem bengkok, maka harus segera diluruskan atau diganti.

3. Periksa Master Rem

Jika master rem bermasalah, maka harus segera diperbaiki atau diganti.

4. Periksa Selang Rem

Periksa juga kondisi selang rem. Jika selang rem kendor atau bocor, maka harus segera diperbaiki atau diganti.

5. Bersihkan Caliper Rem

Bersihkan caliper rem dari kotoran dan karat. Gunakan cairan pembersih rem atau WD-40 untuk membersihkan caliper rem.

6. Bleeding Rem

Setelah melakukan perbaikan atau penggantian komponen rem, lakukan bleeding rem untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam sistem rem.

Tips Merawat Rem Vario 150 Agar Tetap Pakem

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat rem Vario 150 agar tetap pakem:

  • Ganti kampas rem secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Periksa kondisi cakram rem secara berkala dan bersihkan dari kotoran dan karat.
  • Bersihkan caliper rem secara berkala dari kotoran dan karat.
  • Periksa kondisi selang rem secara berkala dan ganti jika sudah terlihat retak atau bocor.
  • Lakukan bleeding rem secara berkala untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam sistem rem.
  • Jangan menggunakan rem secara berlebihan, terutama saat kondisi jalanan licin.
BACA JUGA  Pertamax Turbo untuk Motor Vario 150: Peningkatan Power dan Tips Perawatan!

Dengan melakukan perawatan yang tepat, rem Vario 150 Anda akan tetap pakem dan berfungsi dengan baik. Hal ini akan membuat Anda lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer