Intip Spesifikasi Pulley Vario 150, Berapa Derajatnya?

Darius Rangga

Bagi pencinta roda dua, khususnya skuter matik, Vario 150 menjadi salah satu pilihan populer. Motor keluaran Honda ini menawarkan performa yang mumpuni, desain yang sporty, dan fitur-fitur canggih. Salah satu komponen penting dalam sistem CVT Vario 150 adalah pulley.

Pulley berfungsi sebagai pengatur kecepatan dan torsi kendaraan. Terdapat dua jenis pulley pada Vario 150, yaitu pulley depan (primary sheave) dan pulley belakang (secondary sheave). Pulley depan terhubung ke poros mesin, sedangkan pulley belakang terhubung ke roda belakang.

Berapa Derajat Pulley Vario 150 Standar?

Besar derajat pulley merupakan salah satu faktor yang menentukan performa motor. Derajat pulley Vario 150 standar adalah:

  • Pulley Depan: 13,5 derajat
  • Pulley Belakang: 18 derajat

Pemilihan derajat pulley ini telah melalui perhitungan dan pengujian yang matang oleh Honda. Kombinasi derajat pulley tersebut menghasilkan akselerasi yang cepat dan responsif, serta kecepatan maksimal yang optimal.

Pengaruh Derajat Pulley pada Performa

Derajat pulley yang lebih besar akan memberikan akselerasi yang lebih baik. Hal ini karena dengan derajat yang lebih besar, pulley akan bergerak lebih cepat sehingga rasio gigi berubah lebih cepat pula. Namun, derajat pulley yang terlalu besar juga dapat membuat kecepatan maksimal berkurang.

Sebaliknya, derajat pulley yang lebih kecil akan menghasilkan kecepatan maksimal yang lebih tinggi. Hal ini karena pulley bergerak lebih lambat sehingga rasio gigi tidak berubah secepat. Namun, derajat pulley yang terlalu kecil dapat menurunkan akselerasi.

Modifikasi Derajat Pulley

Untuk meningkatkan performa Vario 150, pemilik sering melakukan modifikasi pada derajat pulley. Ada aftermarket yang menyediakan pulley dengan derajat yang lebih besar atau lebih kecil dari standar.

BACA JUGA  Motor Scooter Honda Vario 150 Exclusive Matte Black: Tampilan Elegan, Performa Powerfull!

Namun, perlu diingat bahwa modifikasi derajat pulley harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman. Pemilihan derajat pulley yang salah dapat merusak komponen lain dalam sistem CVT, seperti belt dan slider.

Gejala Pulley Rusak

Pulley yang rusak dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti:

  • Akselerasi terasa berat
  • Kecepatan maksimal menurun
  • Getaran saat berkendara
  • Suara berisik dari area CVT

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan Vario 150 Anda ke bengkel resmi Honda.

Tips Merawat Pulley

Untuk menjaga agar pulley tetap awet dan bekerja optimal, ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan:

  • Lakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang dianjurkan oleh pabrikan.
  • Gunakan oli CVT berkualitas baik.
  • Hindari berkendara dengan beban berlebih.
  • Hindari menggeber gas secara berlebihan.

Dengan perawatan yang tepat, pulley Vario 150 Anda dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, sehingga performa motor tetap prima.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer