Vario 110 Susah Hidup Distarter? Tenang, Ini Penyebab dan Solusinya!

Dimas Permana

Motor matik Honda Vario 110 dikenal sebagai salah satu kendaraan roda dua yang tangguh dan irit bahan bakar. Namun, tidak jarang pengguna Vario 110 mengalami kendala pada sistem starternya, di mana motor menjadi susah hidup saat distarter.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik! Ada beberapa kemungkinan penyebab dan solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi Vario 110 susah hidup distarter. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Penyebab Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Aki Lemah

Aki atau baterai berfungsi sebagai penyedia tenaga listrik untuk sistem starter. Jika aki lemah atau soak, maka tidak akan ada cukup daya untuk mengaktifkan starter elektrik.

2. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian meliputi busi, koil pengapian, dan CDI (Capacitor Discharge Ignition). Kerusakan pada salah satu komponen ini bisa menyebabkan sulitnya menghidupkan mesin.

3. Starter Rusak

Starter merupakan komponen yang bertugas memutar mesin saat distarter. Jika starter rusak atau aus, maka akan kesulitan menggerakkan mesin.

4. Fuel Pump Rusak

Fuel pump berfungsi memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Jika fuel pump rusak, maka pasokan bahan bakar ke mesin akan terganggu, sehingga mesin sulit dihidupkan.

5. Sensor Kurang Responsif

Motor Vario 110 dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti sensor posisi throttle (TPS), sensor oksigen, dan sensor suhu mesin. Jika salah satu sensor ini kurang responsif atau rusak, dapat mengganggu proses menghidupkan mesin.

BACA JUGA  Modifikasi Vario 110 Fi Minimalis: Tips dan Ide untuk Tampil Lebih Keren

Solusi Mengatasi Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Periksa Aki

Ukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Aki yang sehat memiliki tegangan sekitar 12 volt. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, segera ganti aki baru.

2. Bersihkan Busi

Busi yang kotor atau aus dapat menghambat percikan api. Bersihkan busi menggunakan sikat kawat atau ganti busi baru jika sudah aus.

3. Periksa Koil Pengapian

Ukur resistansi koil pengapian menggunakan ohmmeter. Koil yang sehat memiliki resistansi sesuai spesifikasi pabrikan. Jika resistansi terlalu tinggi atau terlalu rendah, ganti koil baru.

4. Cek CDI

CDI sulit diperiksa sendiri tanpa alat khusus. Jika Anda mencurigai CDI bermasalah, bawa motor Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Periksa Starter

Untuk memeriksa starter, Anda perlu membuka cover starter. Amati apakah ada kerusakan pada komponen starter, seperti dinamo starter atau gigi starter. Jika ditemukan kerusakan, ganti komponen yang rusak.

6. Periksa Fuel Pump

Suara fuel pump biasanya bisa terdengar saat kunci kontak dinyalakan. Jika tidak terdengar suara, kemungkinan fuel pump rusak. Periksa juga selang bahan bakar dari tangki ke injektor, pastikan tidak ada kebocoran atau penyumbatan.

7. Bersihkan Sensor

Sensor pada motor Vario 110 bisa kotor seiring waktu. Bersihkan sensor menggunakan cairan pembersih khusus atau udara bertekanan.

8. Reset ECU

ECU (Electronic Control Unit) merupakan otak elektronik motor. Jika terjadi gangguan pada ECU, bisa menyebabkan masalah pada sistem starter. Coba reset ECU dengan melepas terminal aki selama beberapa menit, kemudian pasang kembali.

Tips Mencegah Vario 110 Susah Hidup Distarter

  • Lakukan perawatan rutin pada motor sesuai rekomendasi pabrikan.
  • Gunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor.
  • Ganti busi secara berkala.
  • Hindari memaksa menghidupkan mesin jika susah distarter.
  • Berkendara dengan kecepatan yang stabil dan hindari akselerasi mendadak.
BACA JUGA  Ukuran Celah Klep Vario 110 Karbu: Pentingnya Mengetahui dan Cara Mengecek atau Mengaturnya

Dengan mengikuti solusi dan tips di atas, Anda diharapkan dapat mengatasi masalah Vario 110 susah hidup distarter. Namun, jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk membawa motor Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer