Motor Vario 110 Tak Bisa Distarter? Begini Cara Mengatasinya!

Dimas Permana

Jangan panik jika motor Vario 110 Anda tiba-tiba tidak bisa distarter. Bisa jadi ada beberapa masalah yang menyebabkannya. Berikut beberapa cara mengatasi motor Vario 110 yang tidak bisa distarter:

1. Periksa Aki

Aki merupakan komponen penting yang menyediakan daya untuk menyalakan motor. Jika aki lemah atau rusak, maka motor tidak akan bisa distarter. Periksa aki dengan multimeter untuk mengukur voltase. Aki yang sehat biasanya memiliki voltase sekitar 12-13 Volt. Jika voltase di bawah 12 Volt, maka aki perlu diganti.

2. Periksa Busi

Busi berfungsi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Jika busi kotor atau rusak, maka mesin tidak akan bisa menyala. Lepaskan busi dan periksa kondisinya. Jika busi hitam atau berkerak, maka bersihkan atau ganti baru.

3. Periksa Kabel Busi

Kabel busi menghubungkan busi dengan koil pengapian. Jika kabel busi longgar atau rusak, maka aliran listrik ke busi akan terganggu dan mesin tidak bisa distarter. Pastikan kabel busi terpasang dengan benar dan tidak ada bagian yang terkelupas atau putus.

4. Periksa Koil Pengapian

Koil pengapian menghasilkan listrik tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk menyalakan busi. Jika koil pengapian rusak, maka mesin tidak akan bisa menyala. Periksa koil pengapian dengan cara mengukur resistansi menggunakan multimeter. Jika resistansi di luar batas toleransi, maka koil pengapian perlu diganti.

BACA JUGA  Ukuran Panjang Shock Belakang Vario 110 FI

5. Periksa Injektor Bahan Bakar

Motor Vario 110 menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Jika injektor bahan bakar kotor atau tersumbat, maka pasokan bahan bakar ke ruang bakar akan terganggu dan mesin tidak bisa menyala. Bersihkan injektor bahan bakar menggunakan cairan khusus pembersih injektor atau bawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan.

6. Periksa Katup Hisap dan Buang

Katup hisap dan buang berfungsi mengatur aliran udara dan gas buang di dalam mesin. Jika katup ini rusak atau tidak menutup dengan sempurna, maka mesin tidak akan bisa menyala. Periksa katup dengan cara membuka penutup kepala silinder dan melihat kondisi katup. Jika ada bagian yang rusak atau aus, maka katup perlu diganti.

7. Periksa Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah tekanan di dalam ruang bakar saat piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Jika kompresi mesin rendah, maka mesin tidak akan bisa menyala. Periksa kompresi mesin menggunakan alat pengukur kompresi. Kompresi mesin yang sehat biasanya berada di kisaran 10-12 bar.

8. Periksa Starter Elektrik

Starter elektrik berfungsi memutar mesin saat distarter. Jika starter elektrik rusak atau tidak berfungsi, maka mesin tidak akan bisa menyala. Periksa starter elektrik dengan cara menekan tombol starter. Jika tidak ada suara sama sekali, maka starter elektrik mungkin rusak.

9. Periksa Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan motor Vario 110 terdiri dari baterai, aki, sekring, dan kabel-kabel. Jika ada masalah pada sistem kelistrikan, maka mesin tidak akan bisa distarter. Periksa semua komponen sistem kelistrikan, termasuk sekring dan kabel-kabel, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

10. Bawa ke Bengkel

Jika Anda sudah memeriksa semua komponen di atas dan masih tidak bisa mengatasi masalah motor Vario 110 yang tidak bisa distarter, maka bawa motor Anda ke bengkel terdekat. Mekanik profesional akan dapat mendiagnosis masalah dan memperbaikinya dengan tepat.

BACA JUGA  Ukuran Shock Vario 110 FI

Itulah beberapa cara mengatasi motor Vario 110 yang tidak bisa distarter. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki masalah ini sendiri atau membawa motor Anda ke bengkel jika diperlukan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer