Ukuran Oli Shock Depan CBR 150 Old, Panduan Lengkap Perawatan

Made Santika

Pengantar

Suspensi depan memainkan peran krusial dalam performa dan kenyamanan berkendara sepeda motor. Salah satu komponen penting dalam sistem suspensi adalah oli shock, yang berfungsi sebagai peredam guncangan. Pada motor sport Honda CBR 150 Old, pemilihan dan penggunaan oli shock yang tepat sangat penting untuk menjaga performa suspensi yang optimal. Artikel berikut akan memberikan panduan lengkap tentang ukuran oli shock depan CBR 150 Old, termasuk jenis, spesifikasi, dan tips perawatan.

Jenis Oli Shock

Oli shock yang digunakan pada CBR 150 Old umumnya bertipe fork oil atau oli garpu. Jenis oli ini khusus diformulasikan untuk memberikan kinerja redaman yang baik pada sistem suspensi depan. Untuk memastikan performa terbaik, disarankan menggunakan oli shock yang direkomendasikan oleh pabrikan, yaitu Honda Genuine Fork Oil.

Spesifikasi Oli Shock

Ukuran oli shock depan CBR 150 Old adalah sebesar 360 ml per tabung shock. Spesifikasi ini sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan telah teruji memberikan performa suspensi yang optimal pada motor ini.

Viskositas Oli Shock

Viskositas oli shock mengacu pada kekentalannya, yang menentukan tingkat redaman guncangan. Untuk CBR 150 Old, disarankan menggunakan oli shock dengan viskositas 10W. Viskositas ini memberikan keseimbangan yang baik antara redaman dan kenyamanan berkendara.

Cara Mengganti Oli Shock

Penggantian oli shock depan CBR 150 Old sebaiknya dilakukan secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau ketika terjadi kebocoran atau penurunan performa suspensi. Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti oli shock:

  1. Siapkan alat dan bahan: Oli shock baru, kunci pas, obeng, corong, dan wadah untuk oli bekas.
  2. Lepaskan ban depan: Longgarkan baut roda depan dan gunakan dongkrak untuk mengangkat motor. Lepaskan ban depan dengan hati-hati.
  3. Lepaskan tutup atas shock: Gunakan obeng untuk melepaskan tutup atas pada tabung shock.
  4. Keluarkan oli bekas: Miringkan tabung shock ke dalam wadah untuk mengosongkan oli bekas.
  5. Isi oli shock baru: Gunakan corong untuk mengisi oli shock baru ke dalam tabung. Masukkan oli sebanyak 360 ml per tabung.
  6. Pasang kembali tutup atas: Pasang kembali tutup atas pada tabung shock dan kencangkan dengan obeng.
  7. Pasang kembali ban depan: Pasang kembali ban depan dan kencangkan baut roda dengan kunci pas.
BACA JUGA  Ukuran Bearing Roda Depan Vario 150: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Tips Perawatan

Selain mengganti oli shock secara berkala, ada beberapa tips perawatan penting yang dapat memperpanjang umur suspensi depan CBR 150 Old:

  • Periksa level oli shock secara teratur: Periksa level oli shock setiap 2.000 km atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan level oli berada pada batas yang direkomendasikan.
  • Hindari beban berlebih: Jangan membawa beban berlebih pada motor, karena dapat membebani suspensi depan.
  • Hindari jalanan berlubang dan rusak: Jalanan berlubang dan rusak dapat menyebabkan guncangan berlebihan pada suspensi depan. Hindari sebisa mungkin melalui jalanan seperti ini.
  • Bersihkan shock secara berkala: Bersihkan batang shock dan area sekitarnya secara berkala untuk mencegah kotoran dan debu menempel, yang dapat mengganggu performa suspensi.

Kesimpulan

Ukuran oli shock depan CBR 150 Old adalah 360 ml per tabung shock dengan viskositas 10W. Dengan menggunakan oli shock yang tepat dan melakukan perawatan secara berkala, Anda dapat memastikan performa suspensi depan yang optimal, meningkatkan kenyamanan berkendara, dan memperpanjang umur komponen suspensi motor Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer