Terungkap! Isi Oli Shock Depan Vario 110 yang Bikin Motor Nyaman

Dimas Permana

Jakarta – Motor matik Vario 110 menjadi salah satu skuter populer di Indonesia. Kenyamanan berkendara menjadi salah satu alasan utama konsumen memilih motor ini. Salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan tersebut adalah kondisi shock depan yang optimal.

Oli shock depan berfungsi sebagai pelumas dan peredam getaran pada suspensi motor. Menggunakan oli shock depan yang tepat akan memastikan kinerja suspensi yang baik, sehingga berkontribusi pada kenyamanan berkendara.

Untuk Vario 110, Honda merekomendasikan penggunaan oli shock depan dengan spesifikasi 10W. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti oli shock depan Vario 110:

Alat dan Bahan:

  • Oli shock depan 10W (sekitar 100 ml per tabung)
  • Kunci pas 17 mm
  • Kunci L 5 mm
  • Seal puller (opsional)
  • Corong kecil

Langkah-langkah:

1. Persiapan

  • Pastikan motor dalam keadaan dingin dan tidak baru saja dioperasikan.
  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.

2. Periksa Kondisi

  • Periksa kondisi oli shock depan dengan menekan garpu depan. Jika garpu terasa keras atau macet, mungkin perlu diganti.

3. Lepaskan Baut Atas

  • Gunakan kunci pas 17 mm untuk melepaskan baut atas shock depan.
  • Berhati-hatilah agar tidak merusak baut atau ulirnya.

4. Angkat Garpu Depan

  • Angkat garpu depan dengan hati-hati dan keluarkan dari tabung shock depan.
  • Jagalah agar oli shock depan tidak tumpah.

5. Keluarkan Seal

  • Gunakan kunci L 5 mm untuk melepaskan baut segitiga yang menahan seal.
  • Gunakan seal puller (jika tersedia) untuk mengeluarkan seal dengan aman.
BACA JUGA  Ukuran Seal Shock Depan Vario 110: Semua yang Perlu Anda Ketahui

6. Buang Oli Lama

  • Bolak-balikkan tabung shock depan untuk membuang oli lama.
  • Gunakan corong kecil untuk mengumpulkan oli yang keluar.

7. Isi Oli Baru

  • Isi tabung shock depan dengan oli shock baru 10W sebanyak sekitar 100 ml.
  • Jangan mengisi terlalu penuh karena akan menyebabkan tekanan berlebihan.

8. Pasang Seal Baru

  • Oleskan sedikit oli pada bibir seal baru dan pasang seal ke dalam tabung shock depan.
  • Pastikan seal terpasang dengan benar untuk mencegah kebocoran.

9. Pasang Garpu Depan

  • Masukkan garpu depan ke dalam tabung shock depan dengan hati-hati.
  • Kencangkan baut segitiga menggunakan kunci L 5 mm.

10. Pasang Baut Atas

  • Pasang baut atas shock depan dan kencangkan menggunakan kunci pas 17 mm.
  • Pastikan baut terpasang dengan kencang untuk mencegah bocornya oli.

11. Periksa Kebocoran

  • Setelah semuanya terpasang, periksa apakah ada kebocoran oli pada seal atau baut.
  • Jika ada kebocoran, kencangkan kembali baut atau ganti seal yang rusak.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengganti oli shock depan Vario 110 dengan mudah. Oli shock depan yang baru akan meningkatkan kinerja suspensi, menjadikan berkendara lebih nyaman dan aman.

Tips Tambahan:

  • Ganti oli shock depan secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan (biasanya setiap 10.000-15.000 km atau setahun sekali).
  • Gunakan oli shock depan berkualitas tinggi yang direkomendasikan oleh pabrikan.
  • Jika Anda mengalami kesulitan mengganti oli shock depan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau bengkel resmi.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer