Vario 150 Mogok Mendadak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rendra

Vario 150 merupakan salah satu skuter matik yang cukup populer di Indonesia. Namun, seperti kendaraan bermotor lainnya, Vario 150 juga dapat mengalami masalah yang membuatnya tidak bisa hidup.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik. Berikut beberapa penyebab umum Vario 150 tidak bisa hidup dan cara mengatasinya:

1. Aki Lemah

Aki merupakan komponen penting yang berperan dalam sistem kelistrikan Vario 150. Jika aki lemah atau rusak, maka sistem kelistrikan tidak akan berfungsi dengan baik, termasuk sistem starter.

  • Gejala:
    • Starter tidak berbunyi saat kunci diputar
    • Lampu redup atau tidak menyala
  • Cara mengatasi:
    • Periksa kondisi aki dan pastikan voltase-nya masih bagus.
    • Jika aki lemah, charge atau ganti dengan aki baru.

2. Busi Mati

Busi berfungsi sebagai pemantik api untuk menyalakan mesin. Jika busi mati atau kotor, maka mesin tidak akan bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin tidak menyala meski starter berbunyi
    • Bunyi ledakan dari knalpot saat starter
  • Cara mengatasi:
    • Lepaskan busi dan bersihkan elektrodanya menggunakan sikat kawat atau amplas halus.
    • Jika busi sudah terlalu kotor atau rusak, ganti dengan busi baru.

3. Karburator Tersumbat

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk masuk ke ruang bakar. Jika karburator tersumbat, maka campuran udara dan bahan bakar akan terganggu, sehingga mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin sulit hidup atau tidak hidup sama sekali
    • Asap knalpot keluar berlebihan
  • Cara mengatasi:
    • Bersihkan karburator dengan cairan pembersih khusus.
    • Jika karburator sudah sangat kotor, mungkin perlu dibongkar dan dibersihkan secara menyeluruh.
BACA JUGA  Yuk, Ketahui Berapa Panjang Selang Rem Depan Vario 150 Old: Penting untuk Keselamatan Berkendara

4. Injektor Tersumbat

Pada Vario 150 injeksi, injektor berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Jika injektor tersumbat, maka bahan bakar tidak akan bisa masuk ke ruang bakar, sehingga mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin tidak hidup atau sulit hidup
    • Bunyi mesin kasar atau tidak merata
  • Cara mengatasi:
    • Bersihkan injektor menggunakan cairan pembersih khusus.
    • Jika injektor masih tersumbat, bawa ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki.

5. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor atau tersumbat, maka udara yang masuk ke mesin akan berkurang, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal dan menyebabkan mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin sulit hidup atau tidak hidup sama sekali
    • Asap knalpot berwarna hitam
  • Cara mengatasi:
    • Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala sesuai petunjuk di buku panduan.

6. Sensor TPS Rusak

Sensor TPS (Throttle Position Sensor) berfungsi mendeteksi posisi throttle dan mengirimkan data ke ECU (Electronic Control Unit) untuk mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar. Jika sensor TPS rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka ECU tidak akan menerima data yang benar dan menyebabkan mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin tidak bisa hidup atau sulit hidup
    • Bunyi mesin tidak merata atau kasar
  • Cara mengatasi:
    • Tes sensor TPS menggunakan multimeter untuk memastikan kondisinya.
    • Jika sensor TPS rusak, ganti dengan sensor baru.

7. ECU Rusak

ECU merupakan komponen yang mengatur seluruh sistem kelistrikan dan mesin Vario 150. Jika ECU rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka sistem kelistrikan dan mesin akan terganggu, sehingga mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin tidak bisa hidup sama sekali
    • Lampu indikator tidak menyala
  • Cara mengatasi:
    • Tes ECU menggunakan alat khusus di bengkel resmi.
    • Jika ECU rusak, ganti dengan ECU baru.
BACA JUGA  Atasi Aki Tekor di Vario 150: Panduan Lengkap dari A sampai Z

8. Fuel Pump Rusak

Fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Jika fuel pump rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka bahan bakar tidak akan bisa masuk ke injektor, sehingga mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Mesin tidak bisa hidup sama sekali
    • Tidak ada suara dengungan dari fuel pump saat kunci diputar
  • Cara mengatasi:
    • Tes fuel pump menggunakan multimeter atau alat khusus.
    • Jika fuel pump rusak, ganti dengan fuel pump baru.

9. Relay Starter Rusak

Relay starter berfungsi untuk memberikan arus listrik ke starter saat kunci diputar. Jika relay starter rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka arus listrik tidak akan bisa mengalir ke starter, sehingga mesin tidak bisa hidup.

  • Gejala:
    • Starter tidak berbunyi saat kunci diputar
    • Suara klik-klik dari relay starter
  • Cara mengatasi:
    • Tes relay starter menggunakan multimeter untuk memastikan kondisinya.
    • Jika relay starter rusak, ganti dengan relay starter baru.

Penting untuk diketahui:

Jika Vario 150 Anda tidak bisa hidup, disarankan untuk tidak langsung membongkar atau memperbaiki sendiri. Sebaiknya bawa ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang ahli.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer