Pendahuluan
Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan yang berfungsi mengatur waktu buka dan tutup katup. Bagi pecinta modifikasi mesin, pemilihan noken as yang tepat menjadi sangat krusial untuk mendongkrak performa mesin. Di antara berbagai merek noken as aftermarket yang tersedia, BRT (Bintang Racing Team) dikenal sebagai produsen terkemuka dengan produk-produk berkualitas tinggi. Dua varian noken as BRT yang populer adalah T1 dan T2, yang masing-masing menawarkan karakteristik berbeda untuk memenuhi kebutuhan modifikasi yang spesifik.
Perbedaan Utama Noken As BRT T1 dan T2
Meskipun sama-sama merupakan produk BRT, noken as T1 dan T2 memiliki beberapa perbedaan mendasar yang memengaruhi performa mesin. Perbedaan utama di antara keduanya adalah:
1. Profil Lob
Profil lob mengacu pada bentuk permukaan noken as yang bersentuhan dengan rocker arm atau cam follower. Noken as T1 memiliki profil lob yang lebih agresif dibandingkan T2, yang berarti kemiringan lerengnya lebih tajam. Profil lob yang agresif ini memungkinkan katup membuka dan menutup lebih cepat, sehingga meningkatkan aliran gas masuk dan buang.
2. Durasi
Durasi noken as mengacu pada waktu yang dibutuhkan noken as untuk membuka dan menutup katup sepenuhnya. Noken as T1 memiliki durasi yang lebih panjang dibandingkan T2, yang berarti katup tetap terbuka lebih lama selama siklus mesin. Durasi yang lebih panjang memungkinkan lebih banyak udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder, menghasilkan tenaga yang lebih besar.
3. Lift
Lift noken as mengacu pada jarak maksimum yang ditempuh oleh katup ketika noken as berputar. Noken as T1 memiliki lift yang lebih tinggi dibandingkan T2, yang berarti katup terbuka lebih lebar. Lift yang lebih tinggi memungkinkan aliran gas yang lebih banyak, meningkatkan tenaga mesin pada putaran tinggi.
Keunggulan Noken As BRT T1
- Peningkatan Tenaga pada Putaran Tinggi: Profil lob yang agresif dan lift yang tinggi pada noken as T1 memberikan peningkatan tenaga yang signifikan pada putaran tinggi.
- Aliran Gas yang Lebih Baik: Durasi yang lebih panjang memungkinkan aliran gas masuk dan buang yang lebih baik, meningkatkan efisiensi pembakaran.
- Responsif Mesin yang Lebih Baik: Profil lob yang agresif membuat mesin lebih responsif terhadap input gas, menghasilkan akselerasi yang lebih cepat.
Keunggulan Noken As BRT T2
- Peningkatan Tenaga pada Putaran Menengah: Profil lob yang lebih moderat dan durasi yang lebih pendek pada noken as T2 memberikan peningkatan tenaga yang lebih merata pada putaran menengah.
- Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Baik: Durasi yang lebih pendek mengurangi tumpang tindih katup, meningkatkan efisiensi bahan bakar pada putaran rendah dan menengah.
- Tarikan Mesin yang Halus: Profil lob yang moderat membuat tarikan mesin lebih halus, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.
Pemilihan yang Tepat
Pemilihan noken as BRT T1 atau T2 bergantung pada tujuan modifikasi mesin dan karakteristik kendaraan yang diinginkan. Jika Anda mencari tenaga yang lebih besar pada putaran tinggi dan responsif mesin yang lebih baik, noken as T1 adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mengutamakan tenaga yang merata pada putaran menengah dan efisiensi bahan bakar, noken as T2 lebih direkomendasikan.
Kesimpulan
Noken as BRT T1 dan T2 adalah pilihan aftermarket yang sangat baik untuk memodifikasi mesin dan meningkatkan performa kendaraan. Dengan memahami perbedaan profil lob, durasi, dan lift di antara keduanya, Anda dapat memilih noken as yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi Anda. Baik T1 maupun T2 menawarkan keunggulan unik, sehingga penting untuk mempertimbangkan tujuan modifikasi engine dan karakteristik kendaraan sebelum membuat keputusan.