Susah Hidup, Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya pada Vario 150

Rudi Soebiantoro

Jakarta – Motor matic menjadi andalan masyarakat Indonesia karena praktis dan mudah dikendarai. Salah satu motor matic yang populer di Tanah Air adalah Vario 150. Namun, terkadang pemilik Vario 150 mengeluhkan masalah susah hidup.

Gejala Vario 150 Susah Hidup

  • Starter Berputar Lambat: Saat menekan tombol starter, mesin hanya berputar pelan atau tidak berputar sama sekali.
  • Tidak Ada Respons: Saat menekan tombol starter, tidak ada respons sama sekali dari mesin.
  • Mogok Saat Jalan: Mesin tiba-tiba mati saat berkendara, kemudian sulit dinyalakan kembali.
  • Sulit Hidup Saat Mesin Panas: Mesin sulit dinyalakan atau butuh waktu lama untuk hidup setelah mesin panas.

Penyebab Vario 150 Susah Hidup

1. Aki Lemah

Aki merupakan sumber listrik utama pada motor. Aki yang lemah atau rusak dapat menyebabkan sistem pengapian tidak berfungsi dengan baik sehingga mesin sulit hidup.

2. Busi Rusak

Busi berfungsi untuk memercikkan api pada ruang bakar. Busi yang kotor atau rusak dapat menghambat proses pengapian dan menyebabkan mesin sulit hidup.

3. Karburator Kotor

Karburator mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar. Karburator yang kotor dapat menyumbat aliran bahan bakar atau udara sehingga menyebabkan mesin sulit hidup.

BACA JUGA  Cara Mudah Bikin Tarikan Vario 150 Makin Enteng, Dijamin Joss!

4. Fuel Pump Bermasalah

Fuel pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke karburator atau injektor. Fuel pump yang rusak dapat menghalangi aliran bahan bakar dan menyebabkan mesin sulit hidup.

5. Fuel Injector Tersumbat

Fuel injector pada mesin injeksi Vario 150 dapat tersumbat oleh kotoran atau endapan bahan bakar. Ini dapat menyebabkan suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak lancar dan mesin sulit hidup.

6. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Filter udara yang kotor dapat menyumbat aliran udara dan menyebabkan mesin sulit hidup.

7. Komponen Kelistrikan Rusak

Kerusakan pada komponen kelistrikan seperti CDI, ECU, atau kabel-kabel dapat menghambat sistem pengapian dan menyebabkan mesin sulit hidup.

8. Starter Rusak

Starter berfungsi untuk menghidupkan mesin. Starter yang rusak atau lemah dapat menyebabkan mesin sulit hidup atau tidak hidup sama sekali.

9. Mesin Kepanasan

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan masalah pemuaian komponen sehingga menyulitkan mesin untuk hidup.

10. Sensor CKP Bermasalah

Sensor CKP (Crankshaft Position) berfungsi untuk mendeteksi posisi poros engkol dan mengirimkan sinyal ke ECU. Kerusakan pada sensor CKP dapat menyebabkan ECU tidak dapat menentukan waktu pengapian yang tepat sehingga mesin sulit hidup.

Cara Mengatasi Vario 150 Susah Hidup

1. Periksa Aki

Ukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Aki yang sehat memiliki tegangan sekitar 12-13 volt. Jika tegangan aki kurang dari 12 volt, ganti dengan aki baru.

2. Bersihkan Busi

Lepas busi dan bersihkan elektrode busi menggunakan sikat kawat atau kertas amplas halus. Jika busi sudah aus atau rusak, ganti dengan busi baru.

BACA JUGA  Indikator Mesin Vario 150 Menyala? Tenang, Begini Solusinya

3. Bersihkan Karburator

Bersihkan karburator menggunakan cairan pembersih karburator. Buka karburator dan semprotkan cairan pembersih ke bagian-bagian yang kotor. Pastikan untuk membersihkan nosel dan pilot jet.

4. Ganti Fuel Pump

Jika fuel pump bermasalah, ganti dengan fuel pump baru yang sesuai dengan spesifikasi Vario 150.

5. Bersihkan Fuel Injector

Gunakan cairan pembersih fuel injector untuk membersihkan injector yang tersumbat. Ikuti petunjuk pada kemasan pembersih.

6. Ganti Filter Udara

Ganti filter udara yang kotor dengan filter udara baru sesuai spesifikasi Vario 150.

7. Periksa Komponen Kelistrikan

Periksa kabel-kabel kelistrikan untuk memastikan tidak ada yang putus atau kendor. Uji juga komponen kelistrikan seperti CDI, ECU, dan relay menggunakan multimeter.

8. Servis Starter

Bersihkan atau ganti sikat karbon pada starter jika sudah aus atau kotor. Jika starter rusak parah, ganti dengan starter baru.

9. Kontrol Panas Mesin

Hindari mengendarai Vario 150 dalam kondisi mesin terlalu panas. Gunakan radiator coolant yang baik dan pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik.

10. Ganti Sensor CKP

Jika sensor CKP bermasalah, ganti dengan sensor CKP baru yang sesuai dengan spesifikasi Vario 150.

Dengan mengikuti cara-cara mengatasi di atas, diharapkan masalah Vario 150 susah hidup dapat teratasi. Namun, jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk membawa Vario 150 ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer