Vario Techno 2010: Injeksi atau Karburator? Kupas Tuntas Faktanya!

Dimas Permana

Jakarta – Motor matic Honda Vario Techno merupakan salah satu model yang sangat populer di Indonesia. Pertama kali hadir pada tahun 2006, Vario Techno terus mengalami pembaruan dari tahun ke tahun.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul dari calon pembeli Vario Techno adalah apakah versi 2010 sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar atau masih mengandalkan karburator. Pertanyaan ini penting untuk dijawab karena sistem injeksi diyakini lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan karburator.

Vario Techno 2010 Masih Gunakan Karburator

Setelah melakukan penelusuran dan mengumpulkan informasi, kami dapat memastikan bahwa Vario Techno 2010 masih menggunakan sistem karburator. Fakta ini tertuang jelas dalam spesifikasi teknis yang dirilis oleh Honda pada saat itu.

Alasan Masih Menggunakan Karburator

Ada beberapa alasan mengapa Honda memilih untuk tetap menggunakan karburator pada Vario Techno 2010.

  • Biaya Produksi Lebih Terjangkau: Karburator umumnya lebih murah untuk diproduksi dibandingkan sistem injeksi. Pada saat itu, Honda ingin mempertahankan Vario Techno sebagai motor matic yang terjangkau bagi konsumen Indonesia.
  • Kemampuan Mekanik yang Memadai: Pada tahun 2010, kemampuan mekanik di Indonesia untuk menangani sistem injeksi belum terlalu luas. Honda tidak ingin mempersulit konsumen dalam hal perawatan dan servis Vario Techno.
  • Respon Mesin yang Lebih Responsif: Karburator diketahui dapat memberikan respons mesin yang lebih responsif, khususnya pada putaran mesin rendah. Hal ini menjadi pertimbangan Honda karena Vario Techno ditujukan untuk penggunaan harian di perkotaan.

Perubahan Pada Vario Techno Injeksi

Honda baru mulai menerapkan sistem injeksi pada Vario Techno pada tahun 2012. Vario Techno injeksi pertama kali hadir pada model Vario Techno 125 dan Vario Techno 150.

BACA JUGA  Vario Techno 2011: Karbu atau Injeksi, Mana yang Lebih Baik?

Selain sistem injeksi, Vario Techno injeksi juga membawa sejumlah perubahan lainnya, antara lain:

  • Desain bodi yang lebih aerodinamis
  • Fitur keselamatan yang lebih lengkap
  • Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien
  • Emisi gas buang yang lebih rendah

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Vario Techno 2010 masih menggunakan sistem karburator. Honda baru mulai menerapkan sistem injeksi pada Vario Techno pada model tahun 2012 ke atas.

Meskipun masih menggunakan karburator, Vario Techno 2010 tetap menjadi pilihan yang cukup baik untuk pengguna motor matic harian. Namun, jika Anda menginginkan motor matic yang lebih efisien dan ramah lingkungan, disarankan untuk memilih Vario Techno injeksi produksi tahun 2012 ke atas.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer