Adu Performa: Noken As BRT T1 vs T2, Mana yang Unggul?

Rendra

Jakarta – Modifikasi kendaraan bermotor menjadi hobi yang digemari banyak orang, terutama kalangan anak muda. Salah satu bagian yang sering dimodifikasi adalah mesin, khususnya pada bagian noken as atau camshaft. Noken as berfungsi mengatur waktu buka dan tutup klep pada mesin, sehingga mempengaruhi performa mesin. Di antara sekian banyak merek noken as yang beredar di pasaran, Noken As BRT T1 dan T2 menjadi pilihan yang populer. Berikut perbedaan mendetail antara kedua noken as tersebut.

Profil Camshaft

Perbedaan utama antara Noken As BRT T1 dan T2 terletak pada profil camshaft-nya. Noken As BRT T1 memiliki profil camshaft yang lebih agresif dibandingkan T2. Hal ini berarti T1 memiliki durasi buka klep yang lebih lama dan angkatan klep yang lebih tinggi. Dengan profil yang lebih agresif, T1 dirancang untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar pada putaran mesin tinggi.

Sementara itu, Noken As BRT T2 memiliki profil camshaft yang lebih moderat. Durasi buka klep dan angkatan klepnya lebih rendah dibandingkan T1. Profil camshaft yang lebih moderat ini membuat T2 lebih cocok untuk penggunaan harian. T2 memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar.

Torsi dan Tenaga

Perbedaan profil camshaft berdampak langsung pada torsi dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Noken As BRT T1 menghasilkan torsi dan tenaga yang lebih besar pada putaran mesin tinggi. Namun, pada putaran mesin rendah, T1 mungkin agak loyo karena durasinya yang agresif.

Sebaliknya, Noken As BRT T2 menghasilkan torsi dan tenaga yang lebih merata pada seluruh rentang putaran mesin. T2 memberikan torsi yang baik pada putaran mesin rendah, sehingga mesin terasa lebih responsif. Meskipun pada putaran mesin tinggi T2 tidak segalak T1, namun T2 menawarkan daya tahan yang lebih baik.

BACA JUGA  Knalpot K59 vs K60: Mana yang Lebih Baik untuk Motor Anda?

Penggunaan dan Aplikasi

Noken As BRT T1 cocok untuk motor yang digunakan untuk balapan atau drag race. Profil camshaft yang agresif memungkinkan mesin menghasilkan tenaga yang besar pada putaran mesin tinggi. T1 direkomendasikan untuk motor yang sudah dimodifikasi secara signifikan pada bagian mesin lainnya, seperti piston, kepala silinder, dan sistem knalpot.

Sedangkan Noken As BRT T2 lebih cocok untuk penggunaan harian. Profil camshaft yang moderat memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar. T2 cocok untuk motor standar atau yang dimodifikasi ringan.

Kesimpulan

Noken As BRT T1 dan T2 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. T1 memberikan tenaga yang lebih besar pada putaran mesin tinggi, sedangkan T2 menawarkan torsi yang lebih baik pada putaran mesin rendah. Pemilihan antara T1 dan T2 bergantung pada tujuan modifikasi dan penggunaan motor. Untuk penggunaan harian dan perjalanan jauh, Noken As BRT T2 merupakan pilihan yang tepat. Sementara untuk balapan atau drag race, Noken As BRT T1 dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer