Vario 110 Susah Hidup Distarter? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!

Rendra

Motor matic Honda Vario 110 menjadi salah satu kendaraan roda dua yang cukup populer di Indonesia. Namun, tak jarang pengguna motor ini mengalami masalah seperti sulit dihidupkan saat distarter. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan panik! Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi Vario 110 susah hidup distarter yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Aki Lemah

Aki atau baterai merupakan komponen penting yang berperan sebagai sumber daya listrik pada motor. Jika aki lemah atau soak, maka tidak akan mampu menyediakan daya yang cukup untuk menghidupkan starter.

2. Busi Kotor atau Rusak

Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar bahan bakar di ruang bakar. Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan percikan api lemah atau tidak ada sama sekali, sehingga motor sulit dihidupkan.

3. Filter Udara Kotor

Filter udara bertugas menyaring udara sebelum masuk ke mesin. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara, sehingga menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang dan motor sulit dihidupkan.

4. Kopling Sentrifugal Lemah

Kopling sentrifugal merupakan komponen yang menghubungkan mesin dengan roda belakang. Kopling yang lemah dapat menyebabkan putaran mesin tidak sampai ke roda, sehingga motor sulit bergerak saat distarter.

BACA JUGA  Fungsi Otomatis Noken As Vario 110: Mekanisme Penting untuk Performa Mesin

5. Kabel Busi Longgar

Kabel busi berfungsi untuk menyalurkan listrik dari koil ke busi. Jika kabel busi longgar, maka arus listrik tidak akan mengalir dengan baik dan dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan.

Cara Mengatasi Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Periksa Aki

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa aki. Gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan aki. Aki yang sehat biasanya memiliki tegangan sekitar 12-13 volt. Jika tegangan kurang dari 12 volt, maka kemungkinan besar aki lemah atau soak dan perlu diganti.

2. Bersihkan atau Ganti Busi

Lepaskan busi dan periksa kondisinya. Jika busi kotor, bersihkan dengan sikat kawat atau ganti dengan busi baru. Pastikan jenis busi yang digunakan sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

3. Bersihkan Filter Udara

Lepaskan filter udara dan periksa kondisinya. Jika filter kotor, bersihkan dengan kompresor atau ganti dengan filter baru.

4. Periksa Kopling Sentrifugal

Untuk memeriksa kopling sentrifugal, lepaskan penutup CVT dan periksa kondisi kampas kopling. Jika kampas kopling sudah aus atau tipis, maka perlu diganti.

5. Kencangkan Kabel Busi

Lepaskan kabel busi dari koil dan periksa kondisinya. Pastikan kabel tidak putus atau longgar. Jika longgar, kencangkan kembali kabel dengan benar.

6. Reset ECU

ECU (Engine Control Unit) adalah komponen yang mengatur sistem kelistrikan motor. Jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan, ECU dapat terganggu dan menyebabkan motor sulit dihidupkan. Untuk mereset ECU, lepaskan terminal negatif aki selama beberapa menit, lalu pasang kembali.

7. Bawa ke Bengkel

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas namun Vario 110 masih susah hidup distarter, maka sebaiknya bawa kendaraan tersebut ke bengkel resmi Honda. Teknisi yang berpengalaman akan dapat mendiagnosis masalah secara akurat dan melakukan perbaikan yang tepat.

BACA JUGA  Velg Vario 150, Pasang di Vario 110 Karbu? Kenali Plus Minus dan Cara Modifikasinya

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi Vario 110 susah hidup distarter, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut dan kembali menikmati berkendara dengan nyaman. Selalu ingat untuk melakukan perawatan rutin pada motor Anda agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer