Turunkan Shock Depan Vario 125, Biar Kaki Nyaman Enggak Jinjit!

Dimas Permana

Menurunkan shock depan pada motor matic seperti Honda Vario 125 bisa menjadi solusi ampuh buat kalian yang merasa kurang nyaman saat berkendara karena kaki jinjit atau lutut terlalu menekuk. Enggak cuma bikin rileks, menurunkan shock depan juga bisa meningkatkan handling motor, terutama saat bermanuver di tikungan.

Nah, buat kalian yang penasaran pengen tahu langkah-langkahnya, simak panduan lengkap ini:

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:

  • Kunci T 12
  • Kunci L 5
  • Obeng (+)
  • Karet atau bahan bantalan yang empuk (opsional)

Langkah-Langkah Menurunkan Shock Depan Vario 125:

1. Persiapan

  • Pastikan motor dalam keadaan dingin dan terparkir di permukaan yang datar.
  • Lepaskan tutup baut di kedua sisi shock depan.

2. Kendurkan Mur Baut

  • Menggunakan kunci T 12, kendurkan mur baut yang berada di bagian atas shock depan, tepat di bawah tutup baut.

3. Lepaskan Mur Baut

  • Gunakan obeng (+) untuk menahan mur baut sambil melepaskannya menggunakan kunci T 12.

4. Keluarkan Shock Depan

  • Setelah mur baut dilepas, tarik shock depan ke atas secara perlahan.
  • Pastikan spring (per) shock tetap terpasang pada posisinya.

5. Potong Pipa Shock (Opsional)

  • Jika ingin menurunkan shock depan secara signifikan, kalian bisa memotong pipa shock menggunakan gergaji besi.
  • Potong pipa secara bertahap, sekitar 1 cm, lalu uji coba apakah tinggi shock sudah sesuai keinginan.

6. Pasang Karet Bantalan (Opsional)

  • Untuk mengurangi kebantingan saat riding, kalian bisa memasang karet atau bahan bantalan yang empuk di bagian atas shock depan, di bawah mur baut.
BACA JUGA  Shock Depan Vario 125 Keras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

7. Pasang Kembali Shock Depan

  • Masukkan kembali shock depan ke posisinya, pastikan spring terpasang dengan benar.

8. Kencangkan Mur Baut

  • Kencangkan mur baut menggunakan kunci T 12 dan obeng (+). Jangan terlalu kencang untuk menghindari kerusakan.

Tips Tambahan:

  • Untuk mendapatkan penurunan yang optimal, disarankan untuk menurunkan shock depan sebanyak 2-3 cm.
  • Jika kalian kesulitan melepaskan mur baut karena berkarat, gunakan penetran atau WD-40 untuk melumurinya.
  • Pastikan shock depan yang diturunkan terpasang dengan benar dan tidak ada kebocoran oli.
  • Jika diperlukan, kalian bisa mengganti oli shock depan dengan yang lebih kental untuk meningkatkan performa damping.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menurunkan shock depan Vario 125 dengan mudah dan aman. Nikmati kenyamanan berkendara tanpa jinjit atau lutut menekuk, serta handling yang lebih mantap. Selamat mencoba!

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer