Jangan Asal Isi, Ini Takaran Oli Shock Vario 110 Karbu yang Tepat

Rendra

Jakarta – Motor matik populer seperti Honda Vario 110 karbu seringkali mengalami masalah pada bagian suspensi atau shock. Salah satu penyebabnya adalah oli shock yang kurang atau bahkan habis. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui takaran oli shock Vario 110 karbu yang tepat agar performa motor tetap optimal.

Jenis Oli Shock Vario 110 Karbu

Sebelum mengetahui jumlah takaran oli shock, penting untuk memilih jenis oli yang tepat. Khusus untuk Vario 110 karbu, disarankan menggunakan oli shock dengan spesifikasi SAE 10W. Oli dengan kekentalan ini mampu memberikan kinerja yang baik pada berbagai kondisi, baik saat cuaca dingin maupun panas.

Takaran Oli Shock Vario 110 Karbu

Setiap shockbreaker pada Vario 110 karbu memiliki takaran oli yang berbeda. Berikut adalah rincian takaran oli shock untuk kedua shockbreaker depan dan belakang:

  • Shockbreaker Depan: 25 ml per shockbreaker
  • Shockbreaker Belakang: 90 ml per shockbreaker

Cara Mengganti Oli Shock Vario 110 Karbu

Mengganti oli shock Vario 110 karbu dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti kunci pas, oli shock baru, dan wadah untuk menampung oli bekas.
  2. Kuras oli shock lama dengan cara membuka baut pembuangan pada bagian bawah shockbreaker.
  3. Setelah oli lama keluar, pasang kembali baut pembuangan dan bersihkan permukaan shockbreaker.
  4. Tuangkan oli shock baru ke dalam tabung shockbreaker sesuai dengan takaran yang telah disebutkan sebelumnya. Gunakan corong untuk memudahkan pengisian.
  5. Pasang kembali tutup tabung shockbreaker dan kencangkan.
  6. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk shockbreaker lainnya.
BACA JUGA  Panduan Lengkap Warna Kabel Lampu Utama Vario 110: Pemahaman dan Modifikasi

Dampak Kekurangan atau Kelebihan Oli Shock

Kekurangan Oli Shock:

  • Suspensi terasa keras dan tidak nyaman
  • Daya redam guncangan berkurang
  • Komponen shockbreaker cepat aus

Kelebihan Oli Shock:

  • Suspensi terasa terlalu empuk
  • Daya cengkram ban berkurang
  • Segel shockbreaker mudah bocor

Tips Perawatan Oli Shock Vario 110 Karbu

  • Ganti oli shock secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau setiap 20.000 km.
  • Hindari penggunaan beban berlebihan pada motor.
  • Periksa kondisi oli shock secara rutin dan segera ganti jika ditemukan kebocoran.
  • Jaga kebersihan shockbreaker dengan rutin mencucinya.

Dengan memahami takaran oli shock Vario 110 karbu yang tepat dan cara menggantinya, Anda dapat menjaga performa suspensi motor tetap optimal. Selain itu, perawatan rutin juga sangat penting untuk mencegah kerusakan pada komponen shockbreaker dan memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer