Motor Vario 110 Tak Bisa Distarter? Ini Penyebab dan Solusinya!

Rendra

Motor Vario 110 merupakan salah satu skuter matic yang populer di Indonesia. Kendaraan ini banyak dipilih karena desainnya yang sporty, irit bahan bakar, dan perawatannya yang mudah. Namun, layaknya kendaraan pada umumnya, Vario 110 juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa distarter.

Jika Anda menghadapi masalah ini, jangan panik. Ada beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan motor Vario 110 Anda tidak bisa distarter. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusinya:

1. Aki Lemah atau Soak

Aki merupakan sumber listrik utama pada motor. Jika aki lemah atau soak, maka tidak akan ada aliran listrik yang cukup untuk menyalakan starter motor. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa kondisi aki. Jika aki sudah lemah, segera ganti dengan aki baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

2. Busi Rusak atau Kotor

Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang dapat membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Jika busi rusak atau kotor, maka tidak akan ada percikan api yang cukup untuk menyalakan mesin. Segera periksa kondisi busi dan bersihkan atau ganti jika perlu.

3. Karburator Mampet

Karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar. Jika karburator mampet, maka aliran udara dan bahan bakar akan terhambat, sehingga mesin tidak bisa menyala. Bersihkan karburator dengan menggunakan cairan pembersih karburator atau bawa ke bengkel untuk dibersihkan oleh mekanik.

BACA JUGA  Bongkar Rahasia: Panjang Klep Vario 110 Karbu, Penting Diketahui!

4. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke karburator. Jika filter udara kotor, maka aliran udara ke karburator akan terhambat, sehingga mesin tidak bisa menyala. Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala sesuai dengan jadwal perawatan.

5. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) berfungsi untuk mengatur waktu pengapian mesin. Jika CDI rusak, maka waktu pengapian akan tidak tepat, sehingga mesin tidak bisa menyala. Segera ganti CDI dengan CDI baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

6. Kabel atau Konektor Rusak

Kabel dan konektor berfungsi untuk mengalirkan listrik dari aki ke komponen-komponen motor. Jika ada kabel atau konektor yang rusak atau putus, maka aliran listrik akan terhambat, sehingga motor tidak bisa distarter. Periksa kondisi kabel dan konektor dan ganti jika perlu.

7. Kick Starter Macet

Motor Vario 110 dilengkapi dengan kick starter sebagai alternatif jika starter elektrik tidak berfungsi. Jika kick starter macet, maka Anda tidak bisa menghidupkan motor. Periksa kondisi kick starter dan lumasi jika perlu.

Tips Mencegah Motor Vario 110 Tidak Bisa Distarter

Selain mengetahui penyebab dan solusi, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar motor Vario 110 Anda tidak mengalami masalah tidak bisa distarter. Berikut adalah beberapa tips pencegahan:

  • Rutin melakukan servis berkala sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh pabrikan.
  • Selalu menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi.
  • Hindari mengisi bahan bakar di SPBU yang tidak terpercaya.
  • Bersihkan filter udara secara berkala.
  • Periksa kondisi aki dan ganti jika sudah lemah.
  • Periksa kondisi kabel dan konektor secara rutin dan ganti jika ada yang rusak.
  • Hindari memodifikasi sistem kelistrikan motor tanpa sepengetahuan mekanik ahli.
BACA JUGA  Intip Diagram Kelistrikan Vario 110 FI, Yuk!

Dengan melakukan tips pencegahan di atas, Anda dapat meminimalisir risiko terjadinya masalah motor Vario 110 tidak bisa distarter. Jika Anda mengalami masalah ini, segera periksa kondisi komponen-komponen yang disebutkan di atas dan lakukan perbaikan atau penggantian jika diperlukan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer