Panduan Lengkap Mengganti Oli Shock Depan Vario 110: Gampang Banget!

Dimas Permana

Pendahuluan

Suspensi depan yang prima sangat penting untuk kenyamanan berkendara dan kelincahan motor. Salah satu komponen penting dalam sistem suspensi adalah oli shock yang perlu diganti secara berkala agar performanya tetap optimal. Nah, buat kamu pengguna Honda Vario 110, berikut panduan lengkap cara mengganti oli shock depannya.

Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, siapkan alat dan bahan berikut:

  • Oli shock depan tipe SAE 10W (volume: 30-40 ml per shock)
  • Gelas ukur atau suntik
  • Kunci sok 17 mm
  • Kunci pas 14 mm
  • Lap bersih
  • Corong atau slang kecil

Langkah-langkah Penggantian

  1. Parkir Motor dan Amankan

Parkir motor di tempat yang rata dan stabil. Gunakan standaard tengah atau dongkrak untuk mengamankan motor.

  1. Buka Mur Penahan Shock

Gunakan kunci sok 17 mm untuk membuka mur penahan shock yang terletak di bagian atas tabung shock. Lepaskan baut dan ring pengunci.

  1. Lepaskan Shock dari Dudukannya

Tarik keluar shock dari dudukannya dengan hati-hati. Pegang bagian bawah shock dan hindari menarik dari bagian atasnya.

  1. Buang Oli Lama

Balikkan shock dan tumpahkan oli lama ke dalam wadah penampung. Biarkan oli terkuras hingga tidak ada lagi yang tersisa.

  1. Ukur Oli Baru

Ukur oli shock baru sebanyak 30-40 ml per shock menggunakan gelas ukur atau suntik.

  1. Masukkan Oli Baru

Isi tabung shock dengan oli baru yang telah diukur. Hindari mengisi terlalu penuh atau terlalu sedikit.

  1. Pasang Kembali Shock

Masukkan kembali shock ke dalam dudukannya. Pastikan terpasang dengan benar dan kencangkan baut penahan menggunakan kunci sok 17 mm.

  1. Pasang Kembali Mur Penahan
BACA JUGA  Apakah Tromol Vario 110 Sama dengan Vario 150?

Gunakan kunci pas 14 mm untuk mengencangkan mur penahan shock. Pastikan kencang tapi jangan berlebihan.

  1. Bersihkan Area Kerja

Lap area kerja dari sisa oli yang tumpah. Pastikan semua baut dan mur terpasang dengan benar.

  1. Tes Suspensi

Tekan garpu depan beberapa kali untuk memeriksa pergerakan suspensi. Rasakan apakah gerakannya sudah halus dan tidak ada kebocoran oli.

Tips Tambahan

  • Gunakan oli shock berkualitas baik sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Ganti oli shock secara berkala sesuai dengan petunjuk di buku manual atau sekitar setiap 10.000 km.
  • Jika terjadi kebocoran oli, segera periksa dan perbaiki karena dapat merusak komponen suspensi lainnya.
  • Untuk hasil yang lebih optimal, disarankan untuk mengganti seal oli shock bersamaan dengan penggantian oli.

Mengganti oli shock depan Vario 110 tidaklah sulit. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mudah dan menghemat biaya servis. Suspensi yang optimal akan membuat berkendara lebih nyaman dan aman.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer