Rem Belakang Vario 110 Loe Loyo? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Made Santika

Pengenalan

Honda Vario 110 merupakan skuter matik yang banyak digemari karena desainnya yang sporty dan mesinnya yang irit bahan bakar. Namun, tak sedikit pengguna Vario 110 yang mengeluhkan masalah pada rem belakang yang tidak pakem. Jangan khawatir, berikut ini beberapa penyebab dan solusi mengatasi rem belakang Vario 110 yang tidak pakem:

Penyebab Rem Belakang Vario 110 Tidak Pakem

  • Kampas Rem Habis

Kampas rem merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Seiring waktu, kampas rem akan menipis akibat gesekan dengan piringan cakram. Kampas rem yang habis akan menyebabkan daya cengkram berkurang sehingga rem tidak pakem.

  • Piringan Cakram Aus

Piringan cakram adalah permukaan datar yang berputar bersama roda. Kampas rem menjepit piringan cakram ini untuk menghentikan laju kendaraan. Jika piringan cakram aus atau terdapat goresan, maka daya cengkram kampas rem akan berkurang.

  • Master Silinder Rem Rusak

Master silinder rem adalah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tekanan minyak rem ke kaliper rem. Jika master silinder rusak, maka tekanan minyak rem yang disalurkan tidak cukup kuat sehingga rem tidak pakem.

  • Kaliper Rem Kotor atau Macet

Kaliper rem adalah komponen yang menjepit kampas rem ke piringan cakram. Jika kaliper rem kotor atau macet, maka kampas rem tidak dapat menjepit piringan cakram dengan baik sehingga rem tidak pakem.

  • Minyak Rem Kotor atau Kurang

Minyak rem berfungsi sebagai media untuk menyalurkan tekanan dari master silinder rem ke kaliper rem. Jika minyak rem kotor atau kurang, maka tekanan minyak rem yang disalurkan tidak cukup kuat sehingga rem tidak pakem.

BACA JUGA  Penyebab dan Solusi Ketika Lampu Indikator Vario 110 Menyala Terus

Cara Mengatasi Rem Belakang Vario 110 Tidak Pakem

  • Ganti Kampas Rem

Jika kampas rem sudah habis, maka solusi terbaik adalah menggantinya dengan yang baru. Gunakan kampas rem yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110 agar daya cengkramnya optimal.

  • Bubut Piringan Cakram

Jika piringan cakram aus atau terdapat goresan, bisa diatasi dengan membubutnya. Bubut piringan cakram dilakukan untuk meratakan permukaan piringan cakram sehingga daya cengkram kampas rem kembali optimal.

  • Perbaiki Master Silinder Rem

Jika master silinder rem rusak, maka harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Pastikan untuk menggunakan master silinder rem yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110 agar sistem pengereman dapat berfungsi dengan baik.

  • Bersihkan atau Perbaiki Kaliper Rem

Jika kaliper rem kotor atau macet, bersihkan atau perbaiki sesuai kebutuhan. Bersihkan kaliper rem dari kotoran dan pastikan piston kaliper bergerak dengan lancar.

  • Ganti Minyak Rem

Jika minyak rem kotor atau kurang, ganti dengan minyak rem baru yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110. Pastikan untuk membuang minyak rem lama terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru.

Perawatan Rem Belakang Vario 110

Untuk menjaga performa rem belakang Vario 110 tetap prima, lakukan perawatan secara berkala, seperti:

  • Periksa kondisi kampas rem dan piringan cakram secara rutin.
  • Ganti kampas rem jika sudah menipis atau aus.
  • Bersihkan kaliper rem dari kotoran secara berkala.
  • Ganti minyak rem setiap 2 tahun atau 20.000 km.
  • Hindari kebiasaan mengerem secara mendadak dan keras.

Dengan melakukan perawatan secara berkala, rem belakang Vario 110 akan tetap pakem dan aman digunakan. Jika masalah rem belakang tidak pakem tidak dapat diatasi sendiri, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel resmi atau mekanik yang berpengalaman.

BACA JUGA  Biaya Turun Mesin Motor Vario 110, Waspadai Faktor yang Pengaruhi

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer