Takaran Oli Shock Depan Vario 110: Panduan Lengkap untuk Performa Optimal

Made Santika

Bagi para pemilik motor Honda Vario 110, memastikan kinerja optimal shock depan sangat penting untuk pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Salah satu aspek penting dalam perawatan shock depan adalah mengetahui takaran oli yang tepat. Artikel komprehensif ini akan mengupas tuntas takaran oli shock depan Vario 110, memberikan panduan lengkap agar motor Anda selalu dalam kondisi prima.

Pentingnya Oli Shock Depan

Oli shock depan berperan krusial dalam meredam guncangan dan getaran yang diterima roda depan saat melintasi jalan bergelombang. Oli ini juga berfungsi sebagai pelumas, mengurangi gesekan antara komponen shock dan memperpanjang masa pakai komponen tersebut.

Tanpa oli yang cukup atau oli yang tidak sesuai spesifikasi, shock depan Vario 110 akan kehilangan kemampuannya meredam getaran secara efektif. Hal ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara, penurunan stabilitas, dan kerusakan komponen shock.

Takaran Oli Shock Depan Vario 110

Takaran oli shock depan Vario 110 telah ditentukan oleh pabrikan Honda, yaitu:

  • Shock Depan Kiri: 90 ml
  • Shock Depan Kanan: 98 ml

Perlu dicatat bahwa takaran oli ini berlaku untuk shock depan standar Vario 110. Jika Anda telah mengganti shock depan dengan produk aftermarket, pastikan untuk mengikuti rekomendasi takaran oli yang diberikan oleh produsennya.

Jenis Oli yang Digunakan

Untuk memastikan performa terbaik shock depan Vario 110, gunakan oli yang memenuhi spesifikasi berikut:

  • Tipe Oli: Oli garpu teleskopik
  • Viskositas: SAE 10W
  • Kapasitas: 90 ml (kiri), 98 ml (kanan)
BACA JUGA  Vario 110 Karbu Tidak Bisa Langsam

Oli garpu teleskopik memiliki tingkat kekentalan yang tepat untuk digunakan pada shock depan. Viskositas SAE 10W akan memberikan keseimbangan yang baik antara peredaman guncangan dan kecepatan respons.

Langkah-langkah Mengganti Oli Shock Depan Vario 110

Mengganti oli shock depan Vario 110 adalah proses yang relatif mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan bahan dan alat: Oli shock baru, kunci ring 14 mm, wadah penampung oli, kain lap, dan kunci pas torsi (opsional).
  2. Parkir motor dengan aman: Parkir motor di permukaan yang rata dan stabil, gunakan standar tengah untuk menopang motor.
  3. Lepaskan baut penutup shock: Dengan kunci ring 14 mm, buka baut penutup shock yang terletak di bagian atas tabung shock.
  4. Keluarkan oli lama: Condongkan shock depan ke arah wadah penampung oli dan biarkan oli lama mengalir keluar.
  5. Ukur oli baru: Ukur oli shock baru sesuai dengan takaran yang ditentukan (90 ml untuk kiri, 98 ml untuk kanan).
  6. Masukkan oli baru: Tuangkan oli baru ke dalam tabung shock secara perlahan dan hati-hati.
  7. Pasang kembali baut penutup shock: Pasang kembali baut penutup shock dan kencangkan dengan tangan.
  8. Kencangkan baut penutup shock: Gunakan kunci pas torsi (jika ada) untuk mengencangkan baut penutup shock dengan torsi yang ditentukan oleh pabrikan (biasanya 20-25 Nm).
  9. Ulangi langkah untuk shock kedua: Ulangi langkah-langkah di atas untuk shock depan sisi lainnya.

Tips Tambahan

  • Ganti oli shock depan secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau ketika sudah terlihat keruh dan kotor.
  • Gunakan alat yang tepat untuk mencegah kerusakan komponen shock.
  • Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang masuk ke dalam tabung shock saat mengganti oli.
  • Jika Anda tidak merasa nyaman mengganti oli shock sendiri, bawa motor Anda ke bengkel yang terpercaya.
BACA JUGA  Motor Vario 110 Tak Mau Nyala? Cek Penyebab dan Solusinya di Sini!

Dengan mengikuti panduan ini dan menggunakan takaran oli shock depan Vario 110 yang tepat, Anda dapat memastikan performa shock depan yang optimal, meningkatkan kenyamanan berkendara, dan memperpanjang masa pakai komponen shock.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer