Vario 110 Fi Enggan Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rudi Soebiantoro

Motor matik Honda Vario 110 Fi kerap menjadi pilihan masyarakat karena kepraktisannya dalam berkendara. Meski begitu, masalah teknis tidak bisa dihindari, seperti ketika Vario 110 Fi tiba-tiba tidak bisa distarter.

Kondisi ini tentu membuat pengendara panik, terlebih jika terjadi di tengah perjalanan. Agar tidak panik, berikut kami rangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi Vario 110 Fi yang tidak bisa distarter:

1. Aki Lemah

Aki atau baterai berperan penting dalam menyalakan mesin motor. Jika aki lemah, maka tidak akan ada aliran listrik yang cukup untuk mengaktifkan starter dan komponen kelistrikan lainnya.

Ciri-ciri Aki Lemah:

  • Lampu utama redup
  • Klakson tidak bersuara
  • Indikator aki pada dasbor menyala

Cara Mengatasinya:

  • Periksa kondisi aki menggunakan voltmeter.
  • Jika aki memang lemah, ganti dengan aki baru yang sesuai spesifikasi motor.
  • Bersihkan terminal aki dari karat atau kotoran.
  • Cas aki menggunakan charger Aki.

2. Busi Rusak

Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang memicu pembakaran di ruang bakar. Jika busi rusak atau kotor, maka mesin tidak akan menyala.

Ciri-ciri Busi Rusak:

  • Elektroda busi aus atau berkerak
  • Gap elektroda busi terlalu lebar atau sempit
  • Busi hitam atau basah
BACA JUGA  Vario 110 Loyo di Tanjakan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasinya:

  • Lepas busi menggunakan kunci busi.
  • Periksa kondisi busi dan bersihkan jika kotor.
  • Ganti busi jika sudah aus atau rusak.
  • Pasang busi baru dengan torsi yang tepat.

3. Koil Pengapian Rusak

Koil pengapian berperan dalam menghasilkan arus tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk busi. Jika koil pengapian rusak, maka busi tidak akan menerima aliran listrik yang cukup untuk menghasilkan percikan api.

Ciri-ciri Koil Pengapian Rusak:

  • Motor tidak bisa distarter atau susah distarter
  • Ada suara percikan api pada koil pengapian saat mesin distarter
  • Lampu indikator mesin check engine menyala

Cara Mengatasinya:

  • Ukur resistansi koil pengapian menggunakan multimeter.
  • Jika resistansi tidak sesuai spesifikasi, ganti koil pengapian baru.
  • Periksa kabel dan konektor koil pengapian dan pastikan terhubung dengan baik.

4. Fuel Pump Bermasalah

Fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Jika fuel pump bermasalah, maka pasokan bahan bakar ke mesin terhambat dan mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri Fuel Pump Bermasalah:

  • Suara fuel pump tidak terdengar saat kunci kontak diputar
  • Mesin tidak bisa distarter atau susah distarter
  • Ada getaran pada mesin saat distarter

Cara Mengatasinya:

  • Periksa kondisi sekring fuel pump.
  • Periksa relay fuel pump dan pastikan berfungsi dengan baik.
  • Periksa jalur bahan bakar dan pastikan tidak ada kebocoran.
  • Ganti fuel pump jika sudah rusak.

5. Throttle Body Kotor

Throttle body adalah komponen yang mengatur aliran udara ke mesin. Jika throttle body kotor, maka pasokan udara ke mesin terganggu dan mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri Throttle Body Kotor:

  • Mesin idle tidak stabil atau mati mendadak
  • Akselerasi motor terasa tersendat
  • Konsumsi bahan bakar meningkat
BACA JUGA  Letak Aki Vario 110 Fi: Ke Mana Sebaiknya Anda Menyimpannya?

Cara Mengatasinya:

  • Lepas throttle body dari intake manifold.
  • Bersihkan throttle body menggunakan cairan pembersih karburator.
  • Keringkan throttle body dan pasang kembali ke motor.

6. Sistem Kelistrikan Bermasalah

Selain komponen di atas, sistem kelistrikan secara keseluruhan juga berperan penting dalam menyalakan mesin. Jika ada masalah pada sistem kelistrikan, seperti kabel putus atau konektor longgar, maka starter tidak akan bisa bekerja.

Ciri-ciri Sistem Kelistrikan Bermasalah:

  • Lampu indikator tidak menyala
  • Klakson tidak berfungsi
  • Starter tidak bisa bekerja

Cara Mengatasinya:

  • Periksa kondisi kabel dan konektor kelistrikan.
  • Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada yang putus.
  • Periksa sekring dan pastikan tidak ada yang putus.
  • Ganti komponen kelistrikan yang rusak, seperti kabel atau sekring.

7. ECM Rusak

ECM (Electronic Control Module) adalah unit kontrol elektronik yang mengatur berbagai komponen pada motor, termasuk sistem pengapian dan injeksi bahan bakar. Jika ECM rusak, maka seluruh sistem kelistrikan dapat terganggu dan mesin tidak bisa menyala.

Ciri-ciri ECM Rusak:

  • Motor tidak bisa distarter atau susah distarter
  • Lampu indikator mesin check engine menyala
  • Mesin mati mendadak atau idle tidak stabil

Cara Mengatasinya:

  • Membawa motor ke bengkel resmi Honda untuk dilakukan pengecekan menggunakan alat khusus.
  • Jika ECM rusak, harus diganti dengan ECM baru.

Tips Mencegah Vario 110 Fi Tidak Bisa Distarter:

  • Lakukan servis rutin sesuai dengan jadwal.
  • Gunakan oli dan busi berkualitas sesuai rekomendasi pabrikan.
  • Hindari mengisi bahan bakar sampai penuh untuk mencegah kebocoran.
  • Cuci motor secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu.
  • Periksa kondisi sistem kelistrikan secara berkala.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer