Vario 110 Hilang Pengapian: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dimas Permana

Bagi pengendara Honda Vario 110, masalah kehilangan pengapian tentu menjadi masalah yang menjengkelkan. Motor yang tiba-tiba mogok dan gagal menyala kembali dapat membuat aktivitas terganggu dan menimbulkan rasa khawatir.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik. Artikel ini akan mengupas tuntas penyebab dan cara mengatasi Vario 110 yang hilang pengapian.

Penyebab Vario 110 Hilang Pengapian

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan Vario 110 kehilangan pengapian, di antaranya:

1. Busi Rusak atau Kotor

Busi merupakan komponen vital yang berperan dalam menciptakan percikan api untuk menyalakan mesin. Busi yang rusak atau kotor dapat menghambat aliran listrik, sehingga pengapian terganggu.

2. Koil Pengapian Rusak

Koil pengapian bertanggung jawab menghasilkan arus listrik bertegangan tinggi untuk memicu percikan api pada busi. Koil pengapian yang rusak akan menyebabkan busi tidak menerima sinyal listrik yang cukup.

3. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan modul elektronik yang mengatur waktu pengapian mesin. Jika CDI rusak, pengapian tidak akan terjadi pada waktu yang tepat.

4. Kiprok Rusak

Kiprok berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) dari alternator menjadi arus searah (DC) yang digunakan untuk mengisi aki dan menyuplai listrik pada komponen kelistrikan. Kiprok yang rusak dapat menyebabkan aki tekor dan mempengaruhi sistem pengapian.

BACA JUGA  Perbedaan Knalpot Vario 110 dan Beat Karbu

5. Kabel atau Konektor Longgar

Kabel atau konektor yang longgar atau putus dapat mengganggu aliran listrik ke komponen pengapian. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan pengapian secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Vario 110 Hilang Pengapian

1. Periksa Busi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa busi. Lepaskan busi menggunakan kunci busi dan periksa kondisinya. Busi yang telah aus atau kotor harus diganti dengan yang baru.

2. Uji Koil Pengapian

Uji koil pengapian menggunakan multimeter. Putar multimeter ke skala Ohm dan ukur resistansi terminal primer (antara terminal bertanda "P" dan "B") dan resistansi terminal sekunder (antara terminal bertanda "S" dan terminal busi). Bandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi yang tercantum dalam buku manual motor. Jika resistansi tidak sesuai, koil pengapian kemungkinan rusak.

3. Ganti CDI

Jika koil pengapian dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah mengganti CDI. CDI merupakan komponen yang relatif mahal, namun biasanya tidak dapat diperbaiki.

4. Periksa Kiprok

Periksa kondisi kiprok menggunakan multimeter. Ukur tegangan output kiprok pada saat mesin hidup. Tegangan output harus sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam buku manual motor. Jika tegangan output di bawah atau di atas batas normal, kiprok kemungkinan rusak.

5. Periksa Kabel dan Konektor

Telusuri kabel dan konektor sistem pengapian dan pastikan tidak ada yang longgar atau putus. Kencangkan kabel yang longgar dan ganti konektor yang rusak.

Tips Mencegah Vario 110 Hilang Pengapian

Untuk mencegah masalah kehilangan pengapian pada Vario 110, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

  • Ganti busi secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Periksa dan bersihkan koil pengapian secara rutin.
  • Hindari menerobos genangan air yang dalam, karena dapat membasahi komponen kelistrikan.
  • Gunakan aki dan kiprok yang berkualitas baik dan dalam kondisi prima.
  • Lakukan perawatan berkala di bengkel resmi untuk memastikan sistem pengapian berfungsi dengan baik.
BACA JUGA  Harga Kiprok Vario 110 Karbu : Spesifikasi, Varian, dan Cara Membeli

Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi Vario 110 yang hilang pengapian, Anda dapat segera mengatasi masalah tersebut dan kembali berkendara dengan nyaman. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin untuk mencegah masalah serupa terjadi kembali.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer