Vario 110 Mogok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dimas Permana

Pengendara Honda Vario 110 kerap mengalami masalah motor tidak bisa distarter. Kondisi ini tentu membuat bingung dan merepotkan, apalagi jika terjadi di situasi darurat.

Ada beberapa penyebab umum yang membuat Vario 110 tidak bisa distarter, antara lain:

Penyebab Vario 110 Tidak Bisa Distarter

1. Aki Lemah

Aki merupakan sumber daya listrik utama pada motor. Aki yang lemah atau soak tidak dapat memberikan arus listrik yang cukup untuk mengaktifkan starter elektrik. Gejala aki lemah dapat terlihat dari lampu indikator yang redup atau suara klakson yang lemah.

2. Kiprok Bermasalah

Kiprok berfungsi untuk mengatur arus listrik yang masuk ke aki. Jika kiprok rusak, aki tidak dapat terisi dengan baik dan berakibat pada motor tidak bisa distarter. Kerusakan kiprok dapat disebabkan oleh faktor usia, penggunaan berlebihan, atau korsleting pada sistem kelistrikan.

3. Busi Mati

Busi berperan dalam menghasilkan percikan api untuk membakar bahan bakar. Busi yang mati atau kotor tidak dapat menghasilkan percikan api sehingga motor tidak bisa dihidupkan. Busi perlu diganti secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan.

4. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) berfungsi sebagai pengontrol waktu pengapian. CDI yang rusak dapat mengganggu proses pengapian sehingga motor tidak bisa distarter. Kerusakan CDI biasanya disebabkan oleh faktor usia atau korsleting pada sistem kelistrikan.

BACA JUGA  Mengatasi Masalah Motor Honda Vario 110 yang Sulit Distarter

5. Fuel Pump Bermasalah

Fuel pump bertugas memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Fuel pump yang rusak atau tersumbat dapat menyebabkan motor tidak mendapatkan suplai bahan bakar sehingga tidak bisa distarter.

Cara Mengatasi Vario 110 Tidak Bisa Distarter

1. Periksa Aki

Langkah pertama adalah memeriksa aki. Gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan aki. Tegangan aki yang normal berkisar antara 12-13 volt. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, kemungkinan besar aki perlu diganti.

2. Periksa Kiprok

Cara memeriksa kiprok adalah dengan mengukur tegangan outputnya. Tegangan output normal kiprok berkisar antara 13,5-14,5 volt. Jika tegangan output di luar batas tersebut, kemungkinan besar kiprok rusak.

3. Ganti Busi

Busi yang mati atau kotor perlu diganti. Gunakan busi sesuai spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan. Saat mengganti busi, pastikan untuk membersihkan bagian terminal busi dan kerapatan pemasangannya.

4. Periksa CDI

Pemeriksaan CDI memerlukan peralatan khusus seperti multimeter dan osiloskop. Jika Anda tidak memiliki keterampilan teknis yang memadai, disarankan untuk membawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

5. Periksa Fuel Pump

Cara memeriksa fuel pump adalah dengan mencopot selang bahan bakar dari injektor dan menghidupkan motor. Jika tidak ada bahan bakar yang keluar dari selang, kemungkinan besar fuel pump rusak atau tersumbat.

Tips Mencegah Motor Vario 110 Tidak Bisa Distarter

  • Lakukan perawatan rutin sesuai rekomendasi pabrikan, termasuk penggantian aki dan busi secara berkala.
  • Hindari penggunaan aksesori yang berlebihan yang dapat membebani sistem kelistrikan.
  • Hindari merendam motor dalam air, terutama bagian mesin dan kelistrikan.
  • Jika motor tidak digunakan dalam waktu lama, lepaskan terminal negatif aki untuk mencegah pengosongan aki.
  • Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi dan isi bahan bakar secara teratur untuk menghindari fuel pump tersumbat.
BACA JUGA  Letak Switch Rem Belakang pada Honda Vario 110

Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi Vario 110 yang tidak bisa distarter, pengendara dapat mengatasi masalah ini dengan lebih mudah dan cepat. Namun, untuk perbaikan atau perawatan yang lebih kompleks, disarankan untuk membawanya ke bengkel resmi untuk memastikan penanganan yang tepat.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer