Vario 110 Susah Hidup Distarter? Ini Penyebab dan Solusinya!

Darius Rangga

Jakarta – Bagi pengguna motor matik, mengalami masalah susah hidup saat distarter tentu bisa membuat kesal. Terlebih jika terjadi saat sedang terburu-buru. Salah satu motor matik yang kerap mengalami masalah ini adalah Vario 110.

Vario 110 dikenal sebagai motor yang irit dan perawatannya mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi motor ini untuk menghadapi kendala teknis, seperti susah hidup saat distarter.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Vario 110 susah hidup distarter. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baterai Lemah atau Rusak

Baterai merupakan komponen penting pada motor matik, termasuk Vario 110. Baterai berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang digunakan untuk menghidupkan starter. Jika baterai lemah atau rusak, maka akan mengakibatkan motor susah hidup atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Gejala baterai lemah atau rusak antara lain:

  • Lampu indikator baterai berkedip atau mati
  • Klakson lemah atau tidak bunyi
  • Starter berputar lemah atau tidak berfungsi

Sistem Kelistrikan Bermasalah

Sistem kelistrikan pada motor matik meliputi aki, regulator, CDI, dan koil pengapian. Gangguan pada salah satu komponen ini bisa menyebabkan masalah susah hidup pada Vario 110.

Masalah pada sistem kelistrikan dapat disebabkan oleh:

  • Aki yang rusak atau lemah
  • Regulator yang tidak berfungsi dengan baik
  • CDI yang rusak
  • Koil pengapian yang bermasalah

Starter Rusak

Starter merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk memutar mesin saat distarter. Jika starter rusak, maka motor tidak akan bisa dihidupkan.

Gejala starter rusak antara lain:

  • Saat distarter, tidak ada suara apapun
  • Suara starter lemah atau tidak beraturan
  • Starter berputar tapi mesin tidak menyala
BACA JUGA  Ukuran Shock Belakang Vario 110 Karbu: Panduan Lengkap

Busi Rusak atau Kotor

Busi merupakan komponen yang memercikkan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Jika busi rusak atau kotor, maka akan mempengaruhi proses pembakaran dan menyebabkan motor susah hidup.

Gejala busi rusak atau kotor antara lain:

  • Mesin brebet atau tersendat-sendat
  • Konsumsi bahan bakar meningkat
  • Gas buang berbau menyengat

Injektor Kotor

Pada Vario 110 injeksi, injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Jika injektor kotor, maka aliran bahan bakar bisa terhambat dan menyebabkan motor susah hidup.

Gejala injektor kotor antara lain:

  • Mesin brebet atau tersendat-sendat
  • Konsumsi bahan bakar meningkat
  • Lampu indikator mesin menyala

Cara Mengatasi Vario 110 Susah Hidup Distarter

Jika Vario 110 Anda susah hidup saat distarter, ada beberapa solusi yang bisa dicoba:

  • Cek Aki

Langkah pertama adalah mengecek aki. Pastikan aki dalam kondisi baik dan tidak lemah. Jika aki lemah atau rusak, segera ganti dengan aki baru yang sesuai spesifikasi.

  • Cek Sistem Kelistrikan

Jika aki dalam kondisi baik, selanjutnya cek sistem kelistrikan. Periksa apakah ada masalah pada regulator, CDI, atau koil pengapian. Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen.

  • Cek Starter

Cek apakah starter berfungsi dengan baik. Jika starter rusak, segera lakukan perbaikan atau penggantian.

  • Ganti Busi

Jika busi rusak atau kotor, segera ganti dengan busi baru yang sesuai spesifikasi.

  • Bersihkan Injektor

Pada Vario 110 injeksi, bersihkan injektor menggunakan cairan pembersih khusus. Pastikan injektor bekerja dengan baik untuk memastikan aliran bahan bakar yang lancar.

Jika masalah susah hidup distarter tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, disarankan untuk membawa Vario 110 Anda ke bengkel resmi atau mekanik terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

BACA JUGA  Cdi Vario Techno 110 Sama dengan Motor Apa?

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer