Wajib Tahu! Intip Rahasia Isi Oli Shock Depan Vario 110 Biar Motor Tetap Nyaman

Rudi Soebiantoro

Memastikan kinerja sepeda motor tetap optimal menjadi tanggung jawab setiap pemilik kendaraan. Salah satu komponen penting yang perlu mendapat perhatian khusus adalah shock depan. Komponen ini sangat berperan dalam menjaga kenyamanan berkendara, terutama pada motor matic seperti Vario 110.

Jika shock depan mengalami masalah, seperti kebocoran oli atau kurangnya volume oli, performa motor akan terganggu. Oleh karena itu, mengetahui cara mengisi oli shock depan Vario 110 dengan benar sangatlah krusial.

Jenis Oli Shock Depan Vario 110

Sebelum mengisi oli, penting untuk mengetahui jenis oli yang sesuai untuk shock depan Vario 110. Honda merekomendasikan penggunaan oli shock depan dengan tipe SAE 10W-30. Oli ini memiliki viskositas yang sesuai untuk shock depan Vario 110, sehingga dapat bekerja dengan baik pada berbagai kondisi jalan.

Volume Oli Shock Depan Vario 110

Volume oli shock depan Vario 110 juga perlu diperhatikan. Honda menentukan volume oli yang sesuai untuk shock depan Vario 110 adalah 58 ml per tabung shock. Volume oli yang kurang atau lebih dari ketentuan dapat mempengaruhi kinerja shock depan.

Langkah-Langkah Mengisi Oli Shock Depan Vario 110

Mengisi oli shock depan Vario 110 bukanlah pekerjaan yang sulit, namun memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan Alat dan Bahan:

    • Oli shock depan tipe SAE 10W-30
    • Suntikan oli
    • Kunci ring 14 mm
    • Kunci L 5 mm
    • Wadah untuk oli bekas
  2. Buka Mur Penutup Shock:

    • Gunakan kunci ring 14 mm untuk membuka mur penutup shock depan yang terletak di bagian atas tabung shock.
  3. Keluarkan Oli Bekas:

    • Tarik keluar tabung shock perlahan-lahan. Oli bekas akan mengalir keluar dari tabung shock.
    • Buang oli bekas ke dalam wadah yang telah disiapkan.
  4. Bersihkan Tabung Shock:

    • Gunakan kain bersih untuk membersihkan tabung shock dari sisa-sisa oli bekas. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel.
  5. Isi Oli Baru:

    • Masukkan suntikan oli ke dalam lubang pengisian oli shock yang terletak di bagian bawah tabung shock.
    • Isi oli shock baru sebanyak 58 ml per tabung shock.
  6. Pasang Kembali Tabung Shock:

    • Masukkan tabung shock kembali ke dalam lubang shock dengan hati-hati.
    • Putar tabung shock perlahan-lahan hingga masuk pada posisinya.
  7. Pasang Mur Penutup Shock:

    • Gunakan kunci ring 14 mm untuk mengencangkan mur penutup shock pada posisinya. Jangan terlalu kencang.
  8. Pasang Kembali Ban Depan:

    • Pasang kembali ban depan pada posisi semula.
    • Kencangkan baut-baut roda depan menggunakan kunci L 5 mm.
  9. Tes Shock Depan:

    • Tekan dan lepaskan shock depan beberapa kali untuk memastikan oli telah terdistribusi secara merata.
BACA JUGA  Takaran Oli Shock Depan Vario Techno 110

Tips Tambahan:

  • Gunakan oli shock depan yang berkualitas tinggi dan sesuai spesifikasi Honda.
  • Perhatikan kondisi seal shock depan. Jika seal mengalami kerusakan, segera ganti untuk mencegah kebocoran oli.
  • Cek volume oli shock depan secara berkala, terutama setelah menempuh perjalanan jauh atau melewati jalan yang rusak.
  • Jika oli shock depan bocor atau berkurang volumenya, segera lakukan pengisian ulang oli.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengisi oli shock depan Vario 110 dengan benar dan menjaga performa motor tetap optimal. Kenyamanan berkendara akan semakin terjamin dan perjalanan Anda akan semakin menyenangkan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer