TRIBUNMOTOR.COM – Motor matik Honda Vario 125 seringkali mengalami masalah gas yang nyangkut atau tersendat saat ditarik. Salah satu penyebabnya adalah Throttle Position Sensor (TPS) yang kotor atau rusak.
TPS adalah komponen pada motor yang berfungsi untuk mengirimkan informasi posisi bukaan gas ke ECU (Electronic Control Unit). ECU kemudian akan mengatur jumlah bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin agar sesuai dengan kebutuhan.
Ketika TPS kotor atau rusak, informasi yang dikirim ke ECU menjadi tidak akurat. Akibatnya, ECU tidak dapat mengatur bahan bakar dan udara dengan baik, sehingga menyebabkan gas nyangkut atau tersendat.
Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan reset TPS. Proses reset TPS sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:
Alat dan Bahan:
- Obeng (-)
- Multimeter (opsional)
Langkah-langkah Reset TPS Vario 125:
1. Matikan Mesin dan Lepaskan Konektor TPS:
Matikan mesin motor dan tunggu beberapa menit hingga dingin. Kemudian, lepaskan konektor TPS yang biasanya berwarna hitam dengan 3 kabel.
2. Atur Jarak Bukaan Gas:
Gunakan obeng (-) untuk mengatur jarak bukaan gas seminimal mungkin. Pastikan tidak ada celah antara tuas gas dan stop screw.
3. Sambungkan Kabel Konektor TPS:
Tanpa memasang TPS ke intake manifold, sambungkan kembali konektor TPS ke soketnya.
4. Nyalakan Mesin dan Biarkan Idle:
Nyalakan mesin dan biarkan idle stabil selama 10-15 menit.
5. Matikan Mesin dan Periksa Tegangan Konektor TPS:
Matikan mesin dan periksa tegangan pada konektor TPS menggunakan multimeter. Tegangan normal berkisar antara 0,6-0,8 volt (pada saat tutup gas) dan 4-4,5 volt (pada saat gas penuh).
6. Sesuaikan Jarak Bukaan Gas (Jika Perlu):
Jika tegangan tidak sesuai dengan spesifikasi, sesuaikan jarak bukaan gas dengan cara mengendurkan atau mengencangkan sekrup pengatur. Ulangi langkah 5 hingga tegangan berada dalam rentang normal.
7. Pasang TPS ke Intake Manifold:
Setelah tegangan sesuai, pasang TPS ke intake manifold dengan posisi yang benar. Pasang juga konektor TPS dan kencangkan dengan obeng.
8. Reset ECU:
Lepaskan terminal negatif aki selama beberapa menit, kemudian pasang kembali. Ini akan mereset ECU dan menyesuaikan setting TPS yang baru.
Tips:
- Pastikan untuk menggunakan obeng yang sesuai ukurannya agar tidak merusak sekrup pengatur.
- Jika tidak yakin dengan langkah-langkah di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik berpengalaman.
- Reset TPS secara berkala (misalnya setiap 6 bulan) dapat membantu mencegah masalah gas nyangkut pada Vario 125.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, Anda dapat mengatasi masalah gas nyangkut pada Vario 125 akibat TPS kotor atau rusak. Motor akan kembali responsif dan nyaman dikendarai.