Jakarta – Bagi pemilik motor Honda Beat generasi awal yang masih menggunakan karburator, bore up menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa motor. Salah satu pilihan yang banyak dilakukan adalah menggunakan piston Vario 125.
Piston Vario 125 memiliki diameter 57 mm, lebih besar 2 mm dari piston Beat karbu yang berdiameter 55 mm. Pemasangan piston Vario 125 ke Beat karbu membutuhkan beberapa penyesuaian.
Bahan yang Diperlukan:
- Piston Vario 125
- Ring piston Vario 125
- Pin piston Vario 125
- Gasket blok mesin
- Oli mesin baru
Langkah-langkah Pemasangan:
- Bongkar mesin
Buka blok mesin dan lepaskan piston lama. Bersihkan sisa-sisa karbon dan kotoran pada blok mesin.
- Pasang piston baru
Masukkan piston Vario 125 ke dalam blok mesin. Pastikan ring piston terpasang dengan benar pada alurnya.
- Pasang pin piston
Masukkan pin piston Vario 125 ke dalam piston. Pasang ring penahan pin piston untuk menahan pin pada posisinya.
- Pasang gasket blok mesin
Ganti gasket blok mesin dengan yang baru. Lapisi gasket dengan sealant tipis untuk mencegah kebocoran oli.
- Pasang blok mesin
Pasang blok mesin kembali ke crankcase. Kencangkan baut blok mesin dengan torsi yang sesuai.
- Isi oli mesin baru
Lepaskan tutup oli mesin dan isi dengan oli mesin baru. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin Beat karbu.
Efek Bore Up
Setelah piston Vario 125 terpasang, mesin Beat karbu akan mengalami peningkatan kapasitas mesin dari 108,2 cc menjadi 124,8 cc. Hal ini akan menghasilkan peningkatan tenaga dan torsi.
Namun, bore up juga memiliki beberapa efek samping:
- Konsumsi bahan bakar lebih boros
- Getaran mesin lebih terasa
- Umur mesin berpotensi lebih pendek
Kesimpulan
Bore up menggunakan piston Vario 125 bisa menjadi cara untuk meningkatkan performa Beat karbu. Namun, perlu diingat bahwa bore up memiliki beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan. Sebelum melakukan bore up, pastikan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman.