Kenali Perbedaan Kruk As Vario 125 dan 150, Biar Motor Makin Joss!

Rendra

Pendahuluan

Kruk as menjadi komponen vital pada sebuah mesin motor, termasuk pada skutik matik seperti Honda Vario. Pada dua varian Vario yang populer, yaitu Vario 125 dan Vario 150, terdapat perbedaan kruk as yang memengaruhi performa mesin. Yuk, kenali perbedaannya agar kamu bisa merawat motor Vario dengan lebih tepat.

Pengertian Kruk As

Kruk as adalah poros engkol yang berfungsi mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar. Komponen ini menghubungkan piston dengan roda belakang melalui sistem transmisi. Bahan kruk as biasanya terbuat dari baja atau besi tuang yang kuat untuk menahan beban dan gesekan.

Perbedaan Kruk As Vario 125 dan 150

1. Dimensi

Salah satu perbedaan utama kruk as Vario 125 dan 150 adalah pada dimensinya. Vario 150 memiliki diameter kruk as yang lebih besar, yaitu 25 mm, dibandingkan dengan Vario 125 yang berdiameter 22 mm. Panjang langkah piston pada Vario 150 juga lebih panjang, yaitu 52,4 mm, sementara pada Vario 125 hanya 49 mm.

2. Kapasitas Mesin

Perbedaan dimensi kruk as berdampak pada kapasitas mesin. Vario 150 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 149,3 cc, sedangkan Vario 125 berkapasitas 124,8 cc. Volume silinder yang lebih besar menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi pada Vario 150.

3. Kompresi Mesin

Rasio kompresi mesin juga dipengaruhi oleh dimensi kruk as. Vario 150 memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi, yaitu 11,0:1, dibandingkan dengan Vario 125 yang hanya 10,6:1. Rasio kompresi yang lebih tinggi meningkatkan efisiensi bahan bakar dan tenaga mesin.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dekat Harga Ban Tubeless Federal Vario 125 Belakang dan Cara Memilihnya

4. Sistem Injeksi

Vario 150 menggunakan sistem injeksi bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection), sementara Vario 125 masih menggunakan sistem karburator. Sistem injeksi memberikan suplai bahan bakar yang lebih presisi dan efisien, sehingga menghasilkan performa mesin yang optimal.

5. Pendinginan Mesin

Vario 150 dilengkapi dengan sistem pendingin cairan, sedangkan Vario 125 hanya menggunakan sistem pendingin udara. Sistem pendingin cairan lebih efektif dalam menjaga suhu mesin tetap optimal, sehingga mengurangi risiko overheat dan kerusakan komponen mesin.

Implikasi pada Performa

Perbedaan kruk as antara Vario 125 dan 150 berdampak pada performa mesin. Secara umum, Vario 150 memiliki tenaga dan torsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Vario 125. Berikut rincian perbedaan performa:

  • Tenaga Maksimum: Vario 150 menghasilkan tenaga maksimum 12,8 PS pada 8.500 rpm, sementara Vario 125 hanya 11,1 PS pada 8.500 rpm.
  • Torsi Maksimum: Vario 150 memiliki torsi maksimum 12,8 Nm pada 6.500 rpm, sedangkan Vario 125 hanya 11,2 Nm pada 5.000 rpm.
  • Akselerasi: Vario 150 lebih cepat berakselerasi dibandingkan dengan Vario 125, terutama pada kecepatan awal.
  • Kecepatan Tertinggi: Vario 150 memiliki kecepatan tertinggi yang lebih tinggi, yaitu sekitar 110 km/jam, sementara Vario 125 hanya sekitar 105 km/jam.

Perawatan Kruk As

Kruk as merupakan komponen penting yang perlu dirawat dengan baik agar mesin motor tetap berfungsi optimal. Berikut tips perawatan kruk as:

  • Ganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Gunakan oli mesin berkualitas baik yang sesuai dengan spesifikasi motor.
  • Hindari penggunaan motor secara berlebihan, terutama dalam kondisi mesin dingin.
  • Hindari memodifikasi mesin yang dapat merusak kruk as.

Dengan memahami perbedaan dan implikasi kruk as pada performa Vario 125 dan 150, kamu dapat membuat pilihan yang tepat sesuai kebutuhan dan preferensimu. Perawatan kruk as yang baik juga akan memperpanjang usia pakai mesin motor Vario kesayanganmu.

BACA JUGA  Bongkar Rahasia Panjang Stang Seher Vario 125 dan 150: Panduan Komprehensif

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer