Kruk As Vario 125 vs 150: Mana yang Lebih Unggul?

Dimas Permana

Bagi pecinta otomotif, khususnya para pengguna skuter matik Honda Vario, mengetahui perbedaan kruk as antara Vario 125 dan 150 sangatlah penting. Kruk as merupakan komponen krusial pada mesin kendaraan yang berfungsi mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar pada poros engkol.

Perbedaan kruk as pada Vario 125 dan 150 dapat memengaruhi performa mesin, durabilitas, dan biaya perawatan. Oleh karena itu, memahami perbedaannya menjadi sangat penting untuk menentukan pilihan yang tepat saat melakukan perbaikan atau modifikasi.

Spesifikasi Teknis

Secara teknis, kruk as Vario 125 dan 150 berbeda pada beberapa spesifikasi utama, antara lain:

  • Diameter Engkol:

    • Vario 125: 47 mm
    • Vario 150: 52,4 mm
  • Langkah Piston:

    • Vario 125: 55,5 mm
    • Vario 150: 57,9 mm

Perbedaan diameter engkol dan langkah piston ini berdampak pada volume langkah mesin atau kapasitas mesin. Vario 150 memiliki kapasitas mesin lebih besar (149,3 cc) dibandingkan Vario 125 (124,8 cc).

Material dan Konstruksi

Selain spesifikasi teknis, material dan konstruksi kruk as juga menjadi pembeda antara Vario 125 dan 150. Vario 150 menggunakan kruk as berbahan baja paduan (forged steel) yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan kruk as Vario 125 yang terbuat dari besi cor (cast iron).

Konstruksi kruk as Vario 150 juga lebih kompleks dengan penambahan lubang pelumasan (oil hole) pada poros engkol untuk memastikan pelumasan yang lebih baik. Hal ini berkontribusi pada durabilitas dan performa mesin yang lebih optimal.

Performa Mesin

Perbedaan spesifikasi teknis dan material kruk as berdampak pada performa mesin. Vario 150 memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan Vario 125. Hal ini karena kruk as Vario 150 yang lebih besar memungkinkan penggunaan langkah piston yang lebih panjang, sehingga menghasilkan volume langkah mesin yang lebih besar.

BACA JUGA  Tak Sulit Menemukan Letak Filter Oli Vario 125, Ini Panduan Lengkapnya!

Secara numerik, Vario 150 menghasilkan tenaga maksimum 12,4 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Sedangkan Vario 125 memiliki tenaga maksimum 11,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Durabilitas dan Biaya Perawatan

Material baja paduan yang digunakan pada kruk as Vario 150 membuatnya lebih tahan lama dibandingkan kruk as Vario 125 yang terbuat dari besi cor. Baja paduan lebih tahan terhadap aus dan panas, sehingga dapat memperpanjang usia pakai kruk as.

Namun, kruk as Vario 150 yang lebih besar dan kompleks juga membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal. Saat mengganti kruk as, biaya untuk kruk as Vario 150 umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan kruk as Vario 125.

Pilihan yang Tepat

Memilih kruk as yang tepat untuk Vario 125 atau 150 tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Jika menginginkan performa mesin yang lebih baik dan durabilitas yang lebih tinggi, kruk as Vario 150 merupakan pilihan yang lebih tepat.

Namun, jika mempertimbangkan biaya perawatan yang lebih ekonomis, kruk as Vario 125 dapat menjadi pilihan yang lebih bijaksana. Pada akhirnya, keputusan terbaik harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer