Poin Utama:- Apa itu teknologi CVT pada motor?- Bagaimana laher CVT pada Vario 125 bekerja?- Apa manfaat dari teknologi laher CVT pada Vario 125?- Bagaimana menjaga kinerja laher CVT Vario 125?
Motor skuter (skutik) mulai menjadi kendaraan pilihan bagi banyak orang di Indonesia karena kemudahan penggunaannya dan efisiensi bahan bakarnya yang terbaik di kelasnya. Salah satu skuter terpopuler di Indonesia adalah Honda Vario 125 varian terbaru yang dilengkapi dengan teknologi canggih dalam transmisi otomatisnya disebut laher CVT (Continuously Variable Transmission).
Dalam artikel ini akan dijelaskan secara mendalam tentang teknologi laher CVT Vario 125, bagaimana cara kerjanya dan apa manfaat yang dapat Anda harapkan.
Apa Itu Teknologi CVT pada Motor?
Continuously Variable Transmission (CVT) adalah teknologi transmisi otomatis pada kendaraan yang memungkinkan mesin mempertahankan kecepatan rotasinya terus-menerus, tanpa harus berpindah gigi seperti transmisi manual. Ini berarti, mesin dapat mempertahankan kecepatannya saat naik atau turun tanjakan, atau saat memasuki zona dengan beban berbeda.
Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional, yang memiliki beberapa gigi tetap yang terkadang membuat perpindahan beberapa gigi dalam waktu singkat, transmisi CVT terus-menerus berubah rasio giginya sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam kendaraan berjenis skuter (skutik) yang biasanya digunakan untuk perjalanan jarak dekat.
Bagaimana Laher CVT pada Vario 125 Bekerja?
Dalam transmisi otomatis konvensional, fungsi kopling pada vespa atau skutik, sangat penting dalam menjaga putaran mesin dan mempercepat akselerasi. Namun, laher CVT pada Vario 125 menghilangkan kebutuhan untuk kopling. Oleh karena itu, laher CVT ini menggantikan fungsi kopling dengan mengganti rasio gigi secara otomatis dalam rentang yang terus-menerus.
Laher CVT Vario 125 terdiri dari besi, kawat baja putar, dan pulley variator (celah roda gigi) yang meningkatkan atau menurunkan rasio giginya tergantung pada apa yang dibutuhkan oleh pengendara dalam situasi berkendara. Karena laher CVT secara otomatis beradaptasi dengan level gravitasi, kecepatan kendaraan pada permukaan jalan, dan beban di atas skutik, skutik skutik ini memiliki akselerasi yang lebih cepat dengan hambatan minimum.
Apa Manfaat dari Teknologi Laher CVT pada Vario 125?
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, laher CVT pada motor Vario 125 memiliki banyak manfaat bagi pengendara, di antaranya:- Akselerasi yang lebih cepat: karena rasio gigi secara otomatis disesuaikan dengan kecepatan roda di bawah kendaraan, akselerasi skuter menjadi lebih cepat.- Hemat bahan bakar: dengan rasio gigi yang terus-menerus disesuaikan, mesin menggunakan daya yang diperlukan saja, menghemat bahan bakar.- Tidak perlu kopling pada saat berjalan: ini menjadikan Vario 125 menjadi lebih mudah dikendalikan dan beradaptasi dengan pergantian keadaan pada saat berkendara.
Bagaimana Menjaga Kinerja Laher CVT Vario 125?
Untuk memastikan kinerja laher CVT Vario 125, perhatikan hal-hal berikut:- Jangan merubah posisi spul dengan posisi resminya.- Jangan menggunakan pelumas yang tidak direkomendasikan oleh produsen atau melebihi kadar pelumas yang diinstruksikan pada manual pengguna.- Perbaikan dan penggantian komponen yang aus atau rusak tepat pada waktunya.- Jangan melakukan pengurangan gigi secara tiba-tiba saat melakukan pengereman yang mendadak.
Kesimpulan
Laher CVT Vario 125 benar-benar revolusioner dalam dunia motor skuter (skutik). Dengan teknologi ini, Vario 125 memiliki efisiensi dan performa mesin yang lebih unggul dibandingkan sebelumnya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi ini bekerja, Anda dapat memastikan bahwa Vario 125 Anda selalu dalam kondisi baik-baik saja dan kinerjanya terjaga dengan baik.
FAQ (Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan)1. Berapa harga laher CVT Vario 125?- Harga laher CVT Vario 125 tergantung pada toko online mana yang Anda pilih. Namun, biaya penggantian laher CVT berkisar antara 300.000 hingga 600.000 rupiah.2. Apa bedanya laher CVT dengan kopling pada motor?- Kopling pada motor gear otomatis dipakai ketika ingin mengubah gigi, sedangkan laher CVT terus menerus mengganti rasio gigi sesuai dengan kondisi saat berkendara.