Panduan Lengkap Mengenal dan Mengganti Roller Standar Vario 125 Old

Darius Rangga

Pengantar

Dalam dunia otomotif, roller merupakan komponen penting yang memengaruhi performa mesin skuter matik. Terbuat dari bahan khusus, roller bertugas meneruskan tenaga mesin ke roda melalui jalur CVT (Continuously Variable Transmission). Salah satu skuter matik yang populer di Indonesia, Honda Vario 125 Old, juga menggunakan roller sebagai komponen vitalnya.

Ukuran Roller Standar Vario 125 Old

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu ukuran roller standar Vario 125 Old. Menurut buku panduan resmi Honda, ukuran roller standar untuk skuter ini adalah:

  • Diameter: 18 mm
  • Lebar: 15 mm
  • Berat: 11,5 gram

Fungsi Roller

Roller pada skuter matik, termasuk Vario 125 Old, memiliki fungsi penting sebagai berikut:

  • Meneruskan tenaga mesin ke roda belakang
  • Mengatur rasio perpindahan gigi CVT
  • Memastikan akselerasi dan performa mesin yang optimal

Gejala Roller Aus

Seiring pemakaian, roller akan mengalami keausan. Hal ini dapat ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Akselerasi terasa berat
  • Top speed menurun
  • Mesin terasa kasar saat dikendarai
  • Muncul suara berisik dari CVT

Dampak Roller Aus

Selain menyebabkan gejala-gejala di atas, roller aus juga dapat berdampak negatif pada komponen lain, seperti:

  • V-belt: Roller aus dapat menyebabkan V-belt slip dan putus.
  • Mangkok CVT: Roller aus dapat mengikis mangkok CVT, sehingga mengurangi efisiensinya.
  • Per CVT: Roller aus dapat membuat per CVT lemah dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Cara Mengganti Roller

Mengganti roller Vario 125 Old bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun, pastikan Anda memiliki peralatan yang memadai dan mengikuti langkah-langkah berikut dengan cermat:

  1. Siapkan alat-alat yang diperlukan, seperti kunci ring, kunci pas, dan kunci torsi.
  2. Buka penutup CVT yang terletak di bagian samping mesin.
  3. Gunakan kunci ring untuk membuka mur pengunci puli depan.
  4. Lepaskan puli depan dan V-belt dengan hati-hati.
  5. Gunakan kunci pas untuk membuka mur pengunci mangkok CVT.
  6. Lepaskan mangkok CVT dan roller yang ada di dalamnya.
  7. Ganti roller lama dengan roller baru sesuai dengan ukuran standar.
  8. Pasang kembali mangkok CVT dan kencangkan mur penguncinya.
  9. Pasang kembali V-belt dan puli depan.
  10. Kencangkan mur pengunci puli depan dengan menggunakan kunci torsi sesuai dengan spesifikasi.
  11. Tutup kembali penutup CVT.
BACA JUGA  Skotlet Motor Vario 125 Terbaru: Tampilan yang Perplex dan Penuh Burstiness

Tips Penggantian Roller

  • Gunakan roller yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi standar Vario 125 Old.
  • Ganti roller secara berpasangan untuk memastikan keseimbangan.
  • Periksa kondisi V-belt dan komponen CVT lainnya saat mengganti roller.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, sebaiknya bawa skuter ke bengkel resmi untuk penggantian roller.

Kesimpulan

Mengganti roller standar Vario 125 Old adalah salah satu perawatan rutin yang penting untuk menjaga performa dan ketahanan skuter. Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan, Anda dapat mengganti roller sendiri tanpa kesulitan. Namun, jika Anda mengalami masalah atau ragu dengan kemampuan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional di bengkel resmi.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer