Pasang Blok Vario 150 di Vario 125: Bisakah? Yuk, Cari Tahu!

Darius Rangga

Pecinta motor matik pasti tak asing lagi dengan Honda Vario. Variannya yang beragam, mulai dari Vario 125 hingga Vario 150, menawarkan pilihan sesuai kebutuhan konsumen. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara untuk meningkatkan performa Vario 125? Ya, salah satunya dengan memasang blok Vario 150.

Nah, apakah pemasangan blok Vario 150 pada Vario 125 memungkinkan? Jawabannya bisa jadi ya dan tidak. Artikel ini akan membahas secara tuntas tentang kemungkinan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk pemasangan blok Vario 150 di Vario 125.

Kemungkinan Pemasangan Blok Vario 150 di Vario 125

Pemasangan blok Vario 150 di Vario 125 secara teknis dimungkinkan, namun terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Pertama, Vario 125 harus bertipe injeksi. Artinya, pemasangan tidak dapat dilakukan pada Vario 125 berkarburator.

Kedua, blok Vario 150 yang digunakan harus sesuai dengan tipe mesin Vario 125. Blok Vario 150 memiliki beberapa varian, seperti eSP dan eSP+, sehingga penting untuk memastikan kesesuaiannya.

Langkah-Langkah Pemasangan Blok Vario 150 di Vario 125

Jika kedua syarat di atas terpenuhi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasang blok Vario 150 di Vario 125:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti kunci-kunci, obeng, dan blok Vario 150 yang sesuai.
  2. Bongkar bagian CVT Vario 125, termasuk casing, pulley, dan rumah roller.
  3. Lepaskan blok silinder Vario 125 dan ganti dengan blok Vario 150 yang telah disiapkan.
  4. Pasang kembali komponen CVT dan pastikan semuanya terpasang dengan benar.
  5. Sesuaikan settingan karburator atau ECU (untuk Vario 125 injeksi) agar sesuai dengan blok Vario 150.
BACA JUGA  Vario 125 Kedip 7 Kali? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kelebihan dan Kekurangan Pemasangan Blok Vario 150 di Vario 125

Kelebihan:

  • Peningkatan kapasitas mesin dari 125 cc menjadi 150 cc, sehingga menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar.
  • Akselerasi lebih responsif dan kecepatan maksimum lebih tinggi.
  • Hemat bahan bakar, berkat teknologi eSP pada blok Vario 150.

Kekurangan:

  • Biaya pemasangan yang cukup mahal.
  • Risiko kerusakan mesin yang lebih tinggi jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar.
  • Garansi resmi dari pabrikan Honda dapat hangus karena modifikasi yang dilakukan.
  • Penggantian suku cadang khusus Vario 150, yang mungkin lebih sulit ditemukan.

Kesimpulan

Pemasangan blok Vario 150 di Vario 125 dimungkinkan dengan memenuhi syarat dan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Namun, modifikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan modifikasi ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang aman dan sesuai.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer