Terungkap! Inilah RPM Ideal Per CVT Standar Vario 125 New, Solusi Akselerasi Maksimal

Made Santika

Pecinta motor matik, khususnya Vario 125 New, pasti tidak asing dengan istilah CVT. Komponen ini berperan penting dalam menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang melalui perpindahan puli. Agar performa motor optimal, pengaturan RPM CVT standar sangatlah krusial.

Apa itu RPM CVT?

RPM (Rotasi Per Menit) CVT adalah kecepatan putar puli CVT, yakni komponen yang mengatur ukuran diameter puli primer. Diameter puli primer akan mengembang dan mengecil sesuai dengan putaran mesin, sehingga dapat menyesuaikan rasio transmisi sesuai kecepatan motor.

RPM CVT Standar Vario 125 New

Untuk Vario 125 New dengan CVT standar, RPM idle atau saat mesin menyala tanpa beban sekitar 1.800 – 2.000 RPM. Adapun RPM kerja CVT, yaitu saat motor bergerak dan memindahkan rasio transmisi, berada pada rentang yang lebih tinggi.

RPM Optimal Akselerasi Vario 125 New

RPM optimal untuk akselerasi terbaik pada Vario 125 New dengan CVT standar adalah sekitar 3.000 – 3.500 RPM. Pada rentang RPM ini, perpindahan puli terjadi secara optimal, sehingga menghasilkan torsi dan tenaga maksimum pada putaran mesin awal.

Cara Menyetel RPM CVT Standar Vario 125 New

RPM CVT standar dapat disetel dengan mengubah posisi per CVT. Posisi per yang lebih kendor akan menghasilkan RPM yang lebih tinggi, sedangkan posisi per yang lebih keras akan menghasilkan RPM yang lebih rendah.

Untuk menyetel RPM CVT, diperlukan kunci-kunci khusus dan sedikit pengetahuan otomotif. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka cover CVT menggunakan kunci 8 mm.
  2. Copot kanvas kopling dan mangkok CVT menggunakan kunci sok khusus.
  3. Lepaskan per CVT dan posisikan ulang sesuai kebutuhan.
  4. Pasang kembali semua komponen dengan posisi yang benar.
  5. Uji coba motor untuk memastikan RPM CVT sudah sesuai.
BACA JUGA  Lift Noken As Vario 125 Standar: Panduan Lengkap untuk Pengguna dan Mekanik

Tips Menyetel RPM CVT Vario 125 New

– Sesuaikan dengan karakter berkendara: Jika Anda lebih suka akselerasi awal yang responsif, setel RPM sedikit lebih tinggi (sekitar 3.200 – 3.500 RPM).
– Perhatikan penggunaan harian: Jika motor sering digunakan untuk perjalanan jauh atau membawa beban berat, RPM yang lebih rendah (sekitar 3.000 – 3.200 RPM) akan lebih efisien.
– Hindari RPM berlebih: RPM CVT yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keausan komponen CVT yang lebih cepat.
– Jangan asal setel: Setel RPM CVT berdasarkan kebutuhan dan karakter berkendara, bukan sekadar ikut-ikutan tren.

Kesimpulan

RPM CVT standar Vario 125 New berkisar antara 1.800 – 2.000 RPM untuk idle dan 3.000 – 3.500 RPM untuk akselerasi optimal. Dengan menyetel RPM CVT sesuai kebutuhan, pengendara dapat memaksimalkan performa dan efisiensi Vario 125 New mereka.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer