Pendahuluan
Vario 125 adalah salah satu skuter matik yang banyak diminati di Tanah Air. Namun, ada kalanya pengendara ingin mengurangi ketinggian motor untuk kenyamanan berkendara. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan shock depan. Proses ini sebenarnya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah.
Persiapan
Sebelum memulai proses menurunkan shock depan, persiapkan beberapa alat berikut:
- Kunci pas ring 14 mm
- Kunci sok atau kunci T14
- Kunci L6
- Oli shock depan (jika diperlukan)
Langkah-langkah
1. Lepaskan Stang
- Gunakan kunci pas ring 14 mm untuk melonggarkan baut pada bagian bawah segitiga atau segitiga setang.
- Angkat stang ke atas dan lepaskan dari tabung shock depan.
2. Lepaskan Tabung Shock Depan
- Gunakan kunci sok atau kunci T14 untuk melonggarkan mur pengikat tabung shock depan pada segitiga atas.
- Jangan lepas mur sepenuhnya.
- Goyangkan tabung shock depan beberapa kali untuk melepaskannya dari segitiga atas.
3. Turunkan Tabung Shock Depan
- Lepas mur pengikat tabung shock depan pada segitiga atas sepenuhnya.
- Dengan hati-hati, tarik tabung shock depan ke bawah.
- Pastikan tidak ada bagian yang macet atau terjepit.
4. Lepaskan Per dan Karet Penahan
- Gunakan kunci L6 untuk melonggarkan ring penahan per.
- Lepaskan ring penahan dan karet penahan.
- Angkat per dari tabung shock depan.
5. Sesuaikan Panjang Shock Depan
- Untuk menurunkan shock depan, putar ulir pada tabung shock depan ke bawah.
- Putar ulir secukupnya sesuai dengan ketinggian yang diinginkan.
- Jangan memutar ulir terlalu banyak karena dapat merusak shock depan.
6. Pasang Kembali Per dan Karet Penahan
- Pasang kembali karet penahan pada tabung shock depan.
- Pasang per ke tabung shock depan.
- Kencangkan ring penahan dengan kunci L6.
7. Pasang Kembali Tabung Shock Depan
- Masukkan tabung shock depan ke dalam segitiga atas.
- Pasang mur pengikat tabung shock depan dan kencangkan dengan kunci sok atau kunci T14.
8. Pasang Kembali Stang
- Pasang kembali stang pada tabung shock depan.
- Kencangkan baut pengikat stang dengan kunci pas ring 14 mm.
9. Periksa Oli Shock Depan
- Jika oli shock depan sudah berkurang atau kotor, sebaiknya ganti dengan oli baru.
- Gunakan oli shock depan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.
Tips
- Untuk hasil yang optimal, sebaiknya lakukan penurunan shock depan di kedua sisi secara bersamaan.
- Jangan menurunkan shock depan terlalu banyak karena dapat membuat handling motor tidak stabil.
- Jika ragu, sebaiknya serahkan proses penurunan shock depan kepada mekanik yang berpengalaman.
Penutup
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menurunkan shock depan Vario 125 sendiri dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk memeriksa oli shock depan secara berkala untuk menjaga performa dan kenyamanan berkendara.