Yuk, Ketahui Berapa RPM CVT Standar Vario 125 New yang Bikin Motor Ngacir!

Made Santika

Vario 125 New sebagai salah satu skuter matic terlaris di Indonesia memang dikenal memiliki performa mesin yang mumpuni. Salah satu aspek yang berkontribusi besar terhadap performa motor ini adalah sistem Continuous Variable Transmission (CVT), yang berperan mengatur putaran mesin dan kecepatan kendaraan.

Nah, salah satu hal penting yang perlu diketahui terkait sistem CVT adalah berapa RPM idealnya saat motor melaju. Sebab, RPM yang tepat dapat menghasilkan performa mesin yang optimal, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dan umur pakai komponen yang lebih lama.

Per CVT Standar Vario 125 New

Untuk Vario 125 New, per CVT standar yang digunakan memiliki rasio yang berbeda-beda, tergantung pada model dan tahun produksinya. Namun, secara umum, per CVT standar Vario 125 New memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Diameter luar: 134 mm
  • Diameter dalam: 32 mm
  • Tebal: 15 mm
  • Jumlah ulir: 12

RPM Ideal Per CVT Standar Vario 125 New

RPM ideal per CVT standar Vario 125 New berada pada kisaran 2.500-3.000 rpm saat motor dalam kondisi stasioner (idle). Saat motor mulai melaju, RPM akan meningkat secara bertahap sesuai dengan beban mesin.

Berikut ini adalah kisaran RPM yang direkomendasikan untuk berbagai kondisi berkendara:

  • Akselerasi: 3.000-4.500 rpm
  • Kecepatan konstan: 2.500-3.500 rpm
  • Menanjak: 3.500-4.000 rpm
  • Menurun: 2.000-2.500 rpm

Cara Menyesuaikan RPM Per CVT

Apabila RPM per CVT standar Vario 125 New terasa kurang optimal, Anda dapat melakukan penyesuaian dengan mengganti per CVT dengan rasio yang berbeda. Misalnya, untuk meningkatkan RPM idle, Anda dapat menggunakan per CVT dengan rasio yang lebih rendah.

BACA JUGA  Oli yang Tepat untuk Kuda Besi Andalan: Rekomendasi untuk Vario 125 Old

Berikut ini adalah beberapa rasio per CVT yang dapat digunakan untuk Vario 125 New:

  • Standar: 1.000
  • Racing: 1.200-1.500
  • High performance: 1.800-2.000

Namun, perlu diingat bahwa penyesuaian RPM per CVT harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman. Sebab, kesalahan dalam penyesuaian dapat menyebabkan kerusakan pada sistem CVT dan kinerja mesin yang tidak optimal.

Tips Merawat Sistem CVT

Selain mengetahui RPM ideal per CVT, merawat sistem CVT juga sangat penting untuk menjaga performa motor tetap prima. Berikut beberapa tips merawat sistem CVT Vario 125 New:

  1. Ganti Oli CVT secara Teratur: Oli CVT berperan sebagai pelumas dan pendingin komponen CVT. Ganti oli CVT setiap 8.000-10.000 km atau sesuai rekomendasi pabrikan.
  2. Bersihkan CVT Secara Berkala: Debu dan kotoran dapat menumpuk di komponen CVT dan mengganggu kinerja sistem. Bersihkan CVT setiap 15.000-20.000 km.
  3. Hindari Akselerasi Mendadak: Akselerasi mendadak dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada sistem CVT. Akselerasi secara bertahap untuk menjaga umur pakai komponen CVT.
  4. Gunakan Per CVT yang Sesuai: Gunakan per CVT dengan rasio yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi berkendara Anda. Hindari penggunaan per CVT racing yang tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian.
  5. Servis CVT di Bengkel Resmi: Untuk perawatan CVT yang lebih optimal, disarankan untuk melakukan servis CVT di bengkel resmi yang memiliki mekanik berpengalaman dan peralatan yang memadai.

Dengan memperhatikan RPM ideal per CVT dan merawat sistem CVT dengan baik, Anda dapat memastikan Vario 125 New Anda selalu tampil prima dan siap menemani setiap perjalanan Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer