Bongkar Rahasia: Berapa Derajat Bubut Pully Vario 150 yang Tepat?

Rudi Soebiantoro

Pendahuluan

Modifikasi motor menjadi salah satu hobi yang umum dilakukan oleh pecinta otomotif. Salah satu bagian yang sering dimodifikasi adalah CVT (Continuously Variable Transmission) pada skuter matik, termasuk Vario 150. Salah satu cara meningkatkan performa motor adalah dengan membubut pulley vario.

Apa Itu Pulley Vario?

Pulley vario adalah komponen dalam CVT yang berfungsi untuk mengatur ukuran diameter puli sehingga kecepatan motor dapat berubah secara otomatis sesuai putaran mesin. Pulley vario terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan (pulley driven) dan bagian belakang (pulley driver).

Bubut Pulley Vario

Bubut pulley vario dilakukan untuk mengubah ukuran diameter puli sehingga rasio CVT berubah. Ada dua tujuan utama membubut pulley vario, yaitu:

  1. Meningkatkan akselerasi awal
  2. Meningkatkan kecepatan akhir

Berapa Derajat Bubut Pulley Vario 150 yang Tepat?

Besar derajat bubut pulley vario 150 sangat bergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Secara umum, ada beberapa rekomendasi derajat bubut yang bisa menjadi acuan:

Untuk Meningkatkan Akselerasi Awal:

  • Pulley depan (pulley driven): 13-15 derajat
  • Pulley belakang (pulley driver): 0-2 derajat

Untuk Meningkatkan Kecepatan Akhir:

  • Pulley depan (pulley driven): 10-12 derajat
  • Pulley belakang (pulley driver): 2-4 derajat

Catatan Penting:

  • Derajat bubut yang terlalu besar dapat menyebabkan kerusakan pada komponen CVT dan mengurangi umur pakai komponen.
  • Sebaiknya konsultasikan dengan mekanik yang berpengalaman sebelum melakukan bubut pulley vario.
  • Ubah derajat bubut secara bertahap untuk menemukan setelan yang paling sesuai dengan kebutuhan.
BACA JUGA  Ukuran Oli Shock Depan CBR 150 Old, Jangan Asal Isi!

Langkah-langkah Membubut Pulley Vario

Proses membubut pulley vario memerlukan keahlian dan peralatan khusus. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dilakukan:

  1. Copot CVT dari motor
  2. Lepaskan pulley vario dari CVT
  3. Beri tanda titik tengah pada pulley
  4. Gunakan mesin bubut untuk mengurangi diameter pulley sesuai dengan derajat yang ditentukan
  5. Pastikan permukaan bubut halus dan presisi
  6. Pasang kembali pulley vario ke CVT
  7. Pasang kembali CVT ke motor

Efek Positif dan Negatif Bubut Pulley Vario

Efek Positif:

  • Meningkatkan akselerasi awal
  • Meningkatkan kecepatan akhir
  • Menghemat konsumsi bahan bakar (pada beberapa kasus)

Efek Negatif:

  • Mengurangi usia pakai komponen CVT
  • Meningkatkan getaran pada putaran mesin tertentu
  • Dapat menyebabkan kerusakan CVT jika bubut dilakukan terlalu berlebihan

Kesimpulan

Bubut pulley vario dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa Vario 150. Namun, penting untuk melakukan pembubutan dengan benar sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Konsultasikan dengan mekanik berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang optimal dan meminimalisir risiko kerusakan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer