Jika Anda memiliki motor skutik, pasti sudah tidak asing lagi dengan injeksi. Teknologi yang ada pada kendaraan bermotor ini memungkinkan bahan bakar dapat disuplai dengan lebih baik dan optimal. Salah satu jenis motor skutik yang menggunakan teknologi injeksi adalah Vario 150. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih dalam tentang injeksi Vario 150, bagaimana cara kerjanya, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.
Poin Utama:
- Injeksi adalah teknologi yang memungkinkan bahan bakar dapat disuplai ke mesin kendaraan dengan lebih optimal dan efisien.
- Vario 150 adalah salah satu jenis motor skutik yang menggunakan teknologi injeksi.
- Injeksi pada Vario 150 bekerja dengan mengukur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin serta melihat apakah ada celah antara injektor bahan bakar dengan katup.
- Kelebihan menggunakan teknologi injeksi pada motor Vario 150 adalah mesin menjadi lebih irit bahan bakar, lebih mudah dalam proses perawatan, dan memiliki performa yang lebih baik dan stabil.
- Kekurangan menggunakan teknologi injeksi pada motor Vario 150 umumnya adalah harga yang lebih mahal dan perawatan yang memerlukan teknisi yang ahli dalam bidangnya.
Cara Kerja Injeksi Pada Vario 150
Sistem injeksi pada motor Vario 150 bekerja menggunakan sensor TPS (Throttle Position Sensor) yang berfungsi untuk mengukur posisi throttle atau gas, sensor IAT (Intake Air Temperature) yang berfungsi untuk mengukur suhu udara yang masuk ke dalam mesin, serta sensor RPM (Revolutions Per Minute) yang berfungsi untuk mengukur putaran mesin.Selain sensor-sensor tersebut, injeksi pada Vario 150 juga dilengkapi dengan ECM (Electronic Control Module) yang berfungsi sebagai pusat kontrol sistem injeksi serta mengirimkan data dari beberapa sensor ke unit kontrol yang lain.
Dalam menghirup bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin, injeksi pada Vario 150 dilengkapi dengan beberapa komponen, yaitu:- Fuel Pump, bertugas memompa bahan bakar dari tangki ke injektor melalui pipa bahan bakar.- Injektor, bertugas menyemprotkan bahan bakar secara otomatis ke dalam selinder mesin.- Throttle Body, berfungsi mengatur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin.- ISC (Idle Speed Control), berfungsi untuk mengatur putaran mesin pada saat idle atau diam.
Injeksi pada Vario 150 bekerja dengan mengukur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin, kemudian mencocokkan dengan data jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. Data tersebut diterima oleh unit kontrol atau ECM, yang kemudian mengatur bahan bakar yang semprotkan oleh injektor. Injeksi pada Vario 150 juga dapat merespon kebutuhan mesin secara real-time, sehingga ada keseimbangan antara jumlah bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin sehingga mesin dapat bekerja lebih optimal.
Kelebihan Menggunakan Teknologi Injeksi Pada Vario 150
-
Lebih Irit Bahan BakarDalam melakukan penyemprotan bahan bakar, injektor pada Vario 150 lebih efisien dibanding motor skutik dengan teknologi karburator. Hal ini disebabkan karena injektor pada Vario 150 mampu menyalurkan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin, sehingga tidak ada kelebihan atau kekurangan bahan bakar yang disemprotkan. Praktisnya, hal ini akan membantu penggunaan bahan bakar lebih efisien serta dapat menghemat pengeluaran untuk isi bahan bakar.
-
Lebih Mudah Dalam Proses PerawatanSeiring dengan perkembangan teknologi, pemeliharaan kendaraan dihadirkan lebih mudah dan lebih hemat biaya. Dalam hal perawatan kendaraan, injeksi pada Vario 150 lebih mudah dibandingkan karburator. Injeksi saat ini sudah menggunakan sistem self-diagnosis yang memungkinkan perawatan harian dilakukan dengan lebih mudah. Sebagai contoh, injeksi akan memberikan kode kesalahan tertentu pada saat terjadi penyimpangan dalam kendaraan, dan pengguna kendaraan bisa melakukan perbaikan sendiri dengan mudah.
-
Performa Yang Lebih Baik Dan StabilDalam pengantian bahan bakar menjadi energi, injeksi pada Vario 150 mampu menghasilkan daya yang lebih besar dalam putaran rendah dibandingkan motor dengan teknologi karburator. Hal ini disebabkan karena injektor pada Vario 150 mampu mengukur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin serta melihat apakah ada celah antara injektor bahan bakar dengan katup. Dalam peranche yang lebih stabil, perforama yang dihasilkan pun lebih optimal.
Kelemahan Menggunakan Teknologi Injeksi Pada Vario 150
-
Harga Yang Lebih MahalSalah satu kekurangan menggunakan teknologi injeksi pada motor Vario 150 adalah harganya yang lebih mahal dari model dengan teknologi karburator. Meskipun harga yang lebih tinggi, sistem injeksi dapat membantu memperpanjang masa pakai kendaraan serta menghemat penggunaan bahan bakar.
-
Perawatan Yang Memerlukan Teknisi Yang Ahli Dalam BidangnyaInjeksi pada Vario 150 memiliki banyak komponen yang memerlukan perawatan rutin. Hal ini memerlukan teknisi yang ahli dalam bidangnya untuk melakukan perawatan pada komponen-injeksi dan menjaga agar sistem injeksi tetap berfungsi dengan maksimal. Hal ini tentu saja memerlukan biaya perawatan secara rutin.
Kesimpulan
Injeksi pada Vario 150 merupakan teknologi yang memungkinkan mesin motor skutik bekerja lebih optimal dan efisien. Injeksi pada Vario 150 bekerja dengan cara mengukur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin, kemudian mencocokkan dengan data jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. Keuntungan menggunakan sistem injeksi pada Vario 150 antara lain lebih irit bahan bakar, lebih mudah dalam proses perawatan, dan memiliki performa yang lebih baik dan stabil, sedangkan kekurangannya adalah harga yang lebih mahal dan memerlukan teknisi yang ahli dalam bidangnya.
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
-
Apa bedanya injeksi dan karburator?Injeksi adalah teknologi yang memungkinkan bahan bakar dapat disuplai dengan lebih baik dan optimal ke mesin kendaraan. Karburator adalah sistem yang membantu aliran udara dan bahan bakar ke dalam mesin kendaraan sebelum dikabutkan dan dibakar.
-
Berapa harga motor Vario 150 yang dilengkapi teknologi injeksi?Harga motor Vario 150 pada tahun 2021 beragam tergantung variant nya. Untuk tipe varian standar harga nya sekitar 23-25 juta rupiah. Sedangkan untuk varian yang lebih tinggi spesifikasinya harganya bisa mencapai 25-27 juta rupiah.
-
Bagaimana agar injeksi pada motor Vario 150 tetap berfungsi dengan baik?Injeksi pada motor Vario 150 memerlukan perawatan rutin oleh teknisi yang ahli dalam bidangnya. Hal ini termasuk melakukan pembersihan pada komponen-komponennya, mengecek data sensor, mengkalibrasi sensor jika perlu, dan melakukan pemeriksaan rutin pada seluruh bagian sistem injeksi.