Lampu Belakang Vario 150 Mati? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Darius Rangga

Apakah Anda pengguna sepeda motor Honda Vario 150 yang tengah kebingungan karena lampu belakang pada kendaraan Anda tiba-tiba mati? Jangan khawatir, kondisi ini umumnya dapat diatasi dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara mengatasi lampu belakang Vario 150 yang mati.

1. Periksa Sekring

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sekring. Sekring merupakan komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman sirkuit. Apabila terjadi kelebihan arus listrik, sekring akan putus dan memutus aliran listrik ke lampu belakang.

Berikut cara memeriksa sekring:

  • Lokasi: Sekring lampu belakang Vario 150 terletak di dalam kotak sekring yang berada di bawah jok.
  • Langkah: Buka kotak sekring dan periksa apakah ada sekring yang putus. Sekring yang putus umumnya terlihat terbakar atau putus di bagian tengahnya.
  • Penggantian: Jika sekring putus, gantilah dengan sekring baru dengan nilai ampere yang sama.

2. Periksa Soket Lampu

Jika sekring dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa soket lampu. Soket lampu adalah konektor listrik yang menghubungkan lampu dengan rangkaian kelistrikan.

Berikut cara memeriksa soket lampu:

  • Lokasi: Soket lampu belakang Vario 150 terletak pada bagian belakang lampu.
  • Langkah: Lepaskan lampu dari soketnya. Periksa apakah soketnya berkarat atau terdapat kotoran.
  • Pembersihan: Jika soket berkarat atau kotor, bersihkan dengan sikat kawat atau amplas halus.

3. Periksa Bohlam Lampu

Setelah memeriksa sekring dan soket, selanjutnya periksa bohlam lampu. Bohlam lampu yang rusak atau mati adalah penyebab umum dari lampu belakang yang tidak menyala.

BACA JUGA  Vario 150 Vietnam: Skutik Multiguna Berkualitas Tinggi

Berikut cara memeriksa bohlam lampu:

  • Lokasi: Bohlam lampu terletak di dalam lampu belakang.
  • Langkah: Lepaskan bohlam dari lampu dan periksa apakah bohlamnya putus atau berwarna hitam.
  • Penggantian: Jika bohlam rusak atau mati, gantilah dengan bohlam baru dengan jenis dan ukuran yang sama.

4. Periksa Kabel Kelistrikan

Jika sekring, soket, dan bohlam dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa kabel kelistrikan. Kabel yang putus atau rusak dapat menyebabkan lampu belakang tidak menyala.

Berikut cara memeriksa kabel kelistrikan:

  • Langkah: Periksa apakah ada kabel yang putus atau terkelupas.
  • Perbaikan: Jika ditemukan kabel yang putus, sambung kembali dengan isolasi atau ganti kabel baru.

5. Periksa Sakelar Lampu

Sakelar lampu berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik ke lampu. Sakelar yang rusak atau tidak berfungsi dapat menyebabkan lampu belakang tidak menyala.

Berikut cara memeriksa sakelar lampu:

  • Lokasi: Sakelar lampu terletak pada stang kemudi.
  • Langkah: Putar sakelar lampu ke posisi "on". Periksa apakah arus listrik mengalir ke soket lampu. Jika tidak ada arus listrik, sakelar lampu mungkin rusak.
  • Penggantian: Jika sakelar lampu rusak, gantilah dengan sakelar baru.

6. Periksa Kiprok

Kiprok adalah komponen kelistrikan yang berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Kerusakan pada kiprok dapat menyebabkan lampu belakang tidak menyala karena tidak ada aliran listrik DC yang dihasilkan.

Berikut cara memeriksa kiprok:

  • Lokasi: Kiprok terletak di bawah jok, dekat dengan aki.
  • Langkah: Periksa apakah kiprok mengeluarkan panas saat motor sedang menyala. Jika kiprok tidak mengeluarkan panas, kemungkinan besar rusak.
  • Penggantian: Jika kiprok rusak, gantilah dengan kiprok baru.

7. Bawa ke Bengkel

Jika setelah melakukan semua pemeriksaan sendiri dan lampu belakang tetap tidak menyala, sebaiknya bawa sepeda motor Anda ke bengkel resmi. Teknisi bengkel yang berpengalaman memiliki alat dan pengetahuan yang lebih lengkap untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut.

BACA JUGA  Tanda Speedometer Vario 150

Tips Tambahan:

  • Gunakan suku cadang asli Honda untuk memastikan kualitas dan kompatibilitas.
  • Bersihkan soket lampu dan terminal secara teratur untuk mencegah timbulnya karat dan masalah kelistrikan.
  • Hindari mengutak-atik sistem kelistrikan jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup.
  • Jika lampu belakang sering mati, kemungkinan ada masalah pada sistem kelistrikan. Segera periksakan ke bengkel untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi lampu belakang Vario 150 yang mati secara efektif. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan keselamatan dan berkendara dengan hati-hati.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer