Pastikan Performa Optimal Shock Depan CBR 150 Old, Ketahui Ukuran Oli yang Tepat

Rudi Soebiantoro

Bagi pecinta motor sport, Honda CBR 150 Old dikenal sebagai salah satu pilihan populer. Performa motor ini sangat bergantung pada kondisi komponennya, termasuk shock depan. Salah satu aspek penting dalam menjaga performa shock depan adalah memastikan ketersediaan oli yang cukup dan sesuai ukuran.

Ukuran oli shock depan yang tepat sangat krusial karena mempengaruhi kenyamanan berkendara, daya redam, dan stabilitas motor. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ukuran oli yang direkomendasikan untuk Honda CBR 150 Old.

Ukuran Oli Shock Depan CBR 150 Old

Menurut buku panduan resmi Honda, ukuran oli shock depan yang disarankan untuk CBR 150 Old adalah sebagai berikut:

  • Volume Oli: 90 mL
  • Tinggi Oli: 110 mm (dari dasar tabung shock)

Jenis Oli yang Direkomendasikan

Selain ukuran oli, jenis oli yang digunakan juga sangat penting. Honda merekomendasikan penggunaan oli shock depan dengan spesifikasi 10W untuk CBR 150 Old. Oli dengan kekentalan ini memberikan keseimbangan optimal antara redaman dan kenyamanan berkendara.

Cara Mengganti Oli Shock Depan

Mengganti oli shock depan CBR 150 Old bukanlah tugas yang sulit, tetapi memerlukan ketelitian dan alat yang tepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Alat yang Dibutuhkan:

    • Kunci ring 17 mm
    • Obeng plus
    • Ember atau wadah penampung
    • Oli shock depan
    • Cairan pembersih rem
  2. Langkah-langkah:

    • Parkir motor dengan posisi tegak.
    • Lepaskan baut atas shock depan menggunakan kunci ring 17 mm.
    • Tarik keluar tabung shock depan perlahan.
    • Balikkan tabung shock depan dan gunakan obeng plus untuk melepaskan baut bawah.
    • Tuangkan oli lama ke dalam ember penampung.
    • Bersihkan bagian dalam tabung shock dengan cairan pembersih rem.
    • Masukkan kembali baut bawah dan kencangkan hingga torsi yang ditentukan.
    • Tuangkan oli baru sebanyak 90 mL ke dalam tabung shock.
    • Masukkan kembali tabung shock depan ke dalam garpu depan.
    • Pasang baut atas shock depan dan kencangkan.
BACA JUGA  Penyebab Motor Vario 150 Brebet Saat Digas

Gejala Kekurangan Oli Shock Depan

Mengendarai CBR 150 Old dengan shock depan yang kekurangan oli dapat menyebabkan beberapa gejala, antara lain:

  • Suspensi depan terasa keras dan tidak nyaman.
  • Motor terasa tidak stabil saat melaju di jalan yang tidak rata.
  • Terdapat kebocoran oli dari seal shock depan.

Tips Merawat Shock Depan

Selain memastikan ketersediaan oli yang cukup, ada beberapa tips tambahan untuk merawat shock depan CBR 150 Old:

  • Bersihkan tabung shock dari kotoran secara teratur.
  • Periksa seal shock secara berkala dan ganti jika ditemukan kebocoran.
  • Hindari penggunaan beban berlebih pada motor.
  • Jalani perawatan berkala sesuai rekomendasi pabrikan.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan performa shock depan CBR 150 Old Anda tetap optimal, sehingga memberikan kenyamanan berkendara dan keamanan yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer