Pada sepeda motor Honda Vario 150, per sentri adalah komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang melalui sabuk CVT (Continuously Variable Transmission). Per sentri ini memiliki peran penting dalam sistem CVT sepeda motor matic.
Spesifikasi RPM Per Sentri
Ukuran per sentri Honda Vario 150 adalah di bawah 1000 RPM, kira-kira 800 RPM, yang mirip dengan per CVT sepeda motor matic pada umumnya. Ketika melakukan upgrade per CVT untuk penggunaan harian, peningkatan RPM biasanya dilakukan secara perlahan, berkisar antara 1000 RPM hingga maksimal 1500 RPM, tergantung pada modifikasi yang dilakukan pada CVT dan sepeda motor secara keseluruhan.
Efek Mengganti Per CVT
Penting untuk tidak mengganti per CVT dengan yang terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan motor kehilangan performa optimalnya. Beberapa efek yang dapat muncul akibat penggantian per CVT yang terlalu keras meliputi:
- Tarikan motor yang ngeden atau tertahan di putaran bawah.
- Motor ngempos.
- Top speed yang berkurang.
- Peningkatan suhu di area CVT.
- Keausan pada bagian-bagian CVT seperti roller dan vbelt.
Ciri Per CVT Lemah dan Harus Diganti
Beberapa ciri per CVT yang sudah lemah dan perlu diganti antara lain:
- Tarikan motor yang lemot dan kurang bertenaga.
- Getaran motor yang lebih banyak.
- Kurang responsif saat gas ditarik.
- Roda belakang berputar dengan cepat saat di standar dua atau tengah.
Jika gejala-gejala ini muncul, disarankan untuk memeriksa per CVT dan melakukan penggantian jika diperlukan.
Semoga informasi ini membantu! 🏍️