RPM Ideal untuk Penggantian Kampas Ganda Vario 150, Jangan Asal Ganti!

Darius Rangga

Jakarta, Otomotifpost – Kampas ganda merupakan salah satu komponen vital dalam sistem transmisi skuter matik, termasuk pada Honda Vario 150. Fungsinya adalah untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang melalui serangkaian komponen lainnya.

Fungsi Kampas Ganda

Kampas ganda terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Kampas Utama: Berlokasi pada rumah CVT, menempel pada poros transmisi.
  • Kampas Kopling: Berlokasi pada pulley belakang, terhubung dengan roda belakang.

Ketika tuas gas diputar, kampas utama akan mencengkeram kampas kopling, sehingga putaran mesin disalurkan ke roda belakang. Proses ini terjadi secara otomatis melalui sistem centrifugal force.

Tanda-Tanda Kampas Ganda Aus

Seiring waktu, friksi yang terjadi pada kampas ganda dapat menyebabkan aus. Gejala yang dapat dirasakan antara lain:

  • Tarikan awal terasa berat
  • Akselerasi lambat
  • Getaran pada motor saat berakselerasi
  • RPM mesin tinggi saat motor melaju di kecepatan rendah

RPM Ideal untuk Penggantian

Untuk memastikan performa optimal, kampas ganda Vario 150 perlu diganti secara berkala saat sudah aus. Waktu yang tepat untuk penggantian bervariasi tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalan yang dilalui.

Namun, secara umum, kampas ganda Vario 150 direkomendasikan untuk diganti pada kisaran RPM berikut:

  • Motor Standar: 25.000 – 30.000 RPM
  • Motor Bore Up: 20.000 – 25.000 RPM

Tips Memilih Kampas Ganda

Saat mengganti kampas ganda, disarankan untuk memilih produk asli atau aftermarket yang berkualitas baik. Berikut beberapa tips memilih kampas ganda:

  • Bahan: Pilih kampas yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti kevlar atau karbon keramik.
  • Ukuran: Pastikan ukuran kampas sesuai dengan spesifikasi Vario 150.
  • Ketebalan: Pilih kampas dengan ketebalan yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
BACA JUGA  Perbedaan antara Honda Vario 125 dan 150

Proses Penggantian

Penggantian kampas ganda Vario 150 memerlukan keahlian mekanik yang mumpuni. Berikut langkah-langkah umum yang dilakukan:

  1. Lepas mur pengunci dan cover CVT.
  2. Keluarkan pulley belakang dan kampas kopling.
  3. Buka baut pemegang kampas utama.
  4. Pasang kampas ganda yang baru.
  5. Pasang kembali semua komponen dalam urutan terbalik.

Dampak dari RPM Tinggi

Menggunakan RPM yang terlalu tinggi untuk penggantian kampas ganda dapat berdampak negatif pada performa motor, antara lain:

  • Umur kampas ganda lebih pendek
  • Tarikan terasa lebih berat
  • Akselerasi kurang responsif
  • Konsumsi bahan bakar meningkat

Kesimpulan

Kampas ganda Vario 150 memiliki peran penting dalam sistem transmisi. Penggantian yang tepat waktu pada RPM ideal sangat penting untuk memastikan performa motor yang optimal. Dengan mengikuti rekomendasi yang diuraikan di atas, Anda dapat menjaga kesehatan motor Anda dan membuatnya tetap nyaman dikendarai.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer